https://jecco.ppj.unp.ac.id/index.php/jecco/issue/feedJournal of Education, Cultural and Politics 2025-01-23T08:53:08+00:00Irwan, M.Scjecco@ppj.unp.ac.idOpen Journal Systems<p style="text-align: justify;"><strong>e_ISSN : <a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/20210714401321341">2798 - 6020</a></strong><br><strong>p_ISSN : - </strong><br><strong>Editor in Chief : Irwan, M. Sc</strong><br><strong>Frequency : </strong>Semi-anually (2 issues per year)<br><strong>E-mail :</strong> jecco@ppj.unp.ac.id<br><strong>Publisher : </strong>Departemen Ilmu Sosial Politik Universitas Negeri Padang<br><strong>Focus & Scope :</strong> Journal of Education, Cultural, and Politics atau disingkat JECCO merupakan salah satu jurnal yang berada di lingkungan Departemen Ilmu Sosial Politik Universitas Negeri Padang. JECCO menerbitkan artikel-artikel ilmiah yang merupakan hasil riset para dosen, praktisi kependidikan, peneliti dibidang Ilmu Kependidikan, Sosial-budaya, dan Politik dari seluruh Indonesia. JECCO terbit dua kali dalam satu tahun.</p> <p> </p>https://jecco.ppj.unp.ac.id/index.php/jecco/article/view/279Pelaksanaan Program Kampus Mengajar oleh Pusat MBKM Universitas Negeri Padang2024-12-27T11:28:40+00:00Sukma Tri Widiyantisukmatriwidiyanti3110@gmail.comHasrul Hasrulhasrulpiliang1966@gmail.comAzwar Anandaananda.azwar4127@gmail.comAl Rafnialrafni@fis.unp.ac.id<p><em>Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan program kampus mengajar, kendala, upaya serta persepsi mahasiswa. Jenis Penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Pelaksanaan program kampus mengajar sudah terlaksana sesuai dengan tahapannya, mulai dari tahapan persiapan, koordinasi, observasi, perencanaan program kegiatan, pelaksanaan program kegiatan hingga tahapan pelaporan/evaluasi. Kendala yang dihadapi oleh pusat MBKM Universitas Negeri Padang adalah mahasiswa melakukan injury time saat verifikasi bahan, fasilitas program, akses jalan yang ditempuh ke lokasi penugasan program kampus mengajar, ketidakkonsistenan dari mahasiswa yang telah mengikuti program kampus mengajar tetapi tidak menyelesaikan rangkaian program hingga tahapan akhir. Upaya yang dilakukan oleh Pusat MBKM dengan memperbolehkan melakukan pemindahan lokasi sekolah ke tempat yang lebih mudah aksesnya, dan monitoring. Mahasiswa menyatakan kampus mengajar merupakan program yang sangat menunjang sistem pendidikan di Indonesia apalagi yang difokuskan kepada pendidikan yang berada di daerah 3T.</em></p>2024-12-26T16:05:34+00:00Copyright (c) 2024 Journal of Education, Cultural and Politics https://jecco.ppj.unp.ac.id/index.php/jecco/article/view/644Implementasi supervisi berbasis prototipe guru untuk peningkatan profesionalisme secara berkelanjutan 2024-12-27T11:28:40+00:00Rifma Rifmarifma@fip.unp.ac.idRanti Meizatrirantimeizatri@fip.unp.ac.idRusdinal Rusdinalrusdinal@fip.unp.ac.idJasrial Jasrialjasrial@fip.unp.ac.id<p><em>Penelitian ini mencoba mengkategorikan guru menjadi empat kuadran: guru kurang bermutu, guru tidak terfokus, pengamat analitik, dan guru profesional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecenderungan kategori guru MI, MTs, MA berada pada kategori guru unfocused dan analytical observer, bahkan masih ada 6% diantaranya dikategorikan guru dropout. Berdasarkan analisis situasi dan permasalahan mitra teridentifikasi bahwa permasalahan umum yang terjadi adalah rendahnya kompetensi supervise dan kepemimpinan pembelajaran kepala madrasah. Solusi yang ditawarkan dari permasalahan mitra dalam usulan ini adalah memberikan pembekalan peningkatan kompetensi supervisi. Garis besar materi pembekalan dalam usulan ini adalah supervisi instruksional dan konsep pengkategorian guru, supervisi berbasis prototipe guru untuk menumbuhkan kemampuan dasar guru untuk pengembangan profesional berkelanjutan, disrupsi teknologi dalam pembelajaran dan kesiapan melakukan perubahan, e-leadership sebagai transformasi pengelolaan pendidikan yang bermutu, dan motivasi guru dan efektivitas supervisi. Rata-rata tingkat capaian skor kepala madrasah (post-test) setelah pembekalan adalah 87,52%. Maka dapat disimpulkan setelah pembekalan terjadi peningkatan pengetahuan dan wawasan kepala madrasah tentang supervisi berbasis prototipe guru dan inovasi sekolah.</em></p>2024-12-26T16:09:51+00:00Copyright (c) 2024 Journal of Education, Cultural and Politics https://jecco.ppj.unp.ac.id/index.php/jecco/article/view/586Pelaksanaan wajib belajar 12 tahun pada masyarakat terisolir 2024-12-27T11:28:40+00:00Pandri Gustiawanpandrigustiawan422@gmail.comIdeal Putraidealputra@gmail.comAzwar Anandaananda.azwar4127@gmail.comMaria Montessorimariamontessori@fis.unp.ac.id<p><em>Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pelaksanaan wajib belajar 12 tahun pada masyarakat terisolir khususnya kampung Langgai. Metodologi penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif dengan mewawancarai informan diantaranyan aparat pemerintah, tokoh Pendidikan, dan masyarakat. Hasil penelitian yang dilaksanakan dapat disimpulkan beberapa hal yaitu pelaksanaan wajib belajar belajar 12 tahun pada masyarakat terisolir di Langgai Nagari Ganting Mudiak Utara Surantih Kecamatan Sutera belum terlaksana dan merata secara baik. Faktor penghambat pelaksanaan wajib belajar 12 tahun pada masyarakat terisolir di Langgai terbagi atas 2 yaitu faktor internal berupa motivasi sementara faktor eksternal berupa kondisi wilayah geografis, kondisi ekonomi, lingkungan sosial, lingkungan keluarga, dan sarana prasarana penunjang kegiatan belajar mengajar. Upaya pemerintah dalam mewujudkan pelaksanaan wajib belajar 12 tahun pada masyarakat terisolir di Langgai berupa tersedianya anggaran dari dinas pendidikan untuk bantuan sarana dan prasarana penunjang kegiatan belajar mengajar, sekolah sudah menerima peserta didik di luar wilayah zonasi, dan bantuan dari pemerintah berupa BOS dan KIP.</em></p>2024-12-26T16:34:46+00:00Copyright (c) 2024 Journal of Education, Cultural and Politics https://jecco.ppj.unp.ac.id/index.php/jecco/article/view/605Tanggapan mahasiswa PPKn terhadap ujaran kebencian melalui media sosial Tiktok2024-12-27T11:28:41+00:00Yusril Zama Hendrayusrilzamahendra313@gmail.comHasrul Hasrulhasrulpiliang1966@gmail.comMaria Montessorimariamontessori@fis.unp.ac.idIrwan Irwanirwanhamdi@fis.unp.ac.id<p><em>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tanggapan mahasiswa ppkn terhadap ujaran kebencian melalui media sosial Tiktok. Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif dimana penelitian ini hasilnya berbentuk kata-kata tertulis dari video ujaran kebencian yang diamati. Informan dalam penelitian ini dipilih melalui purposive sampling. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, dan studi dokumentasi. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data terdiri dari data kualitatif dengan menggunakan metode triangulasi teori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk ujaran kebencian terdiri dari bentuk isu suku, agama, ras, dan politik. Tanggapan mahasiswa PPKn terhadap ujaran ujaran kebencian mengenai suku, agama, ras, dan politik adalah dapat menimbulkan kemarahan serta permusuhan yang berkepanjangan, serta dampaknya akan sangat buruk bagi pelaku yaitu sanksi sosial dapat dikucilkan di kalangan masyarakat dan lebih parahnya akan dikenakan sanksi pidana bagi pelaku ujaran kebencian itu.</em></p>2024-12-26T16:43:41+00:00Copyright (c) 2024 Journal of Education, Cultural and Politics https://jecco.ppj.unp.ac.id/index.php/jecco/article/view/253Perilaku hate speech di media sosial facebook dan twitter2024-12-30T07:08:27+00:00Winda Putri Maidilawindap120@gmail.comIsnarmi Isnarmiaanisnarmi213@gmail.comSuryanef Suryanefsuryanef@fis.unp.ac.idHasrul Hasrulhasrulpiliang1966@gmail.com<p><em>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku hate speech di media sosial pada Mahasiswa Universitas Negeri Padang. Tujuan penelitian menganalisis bentuk hate speech oleh mahasiswa Universitas Negeri Padang di media sosial Facebook dan Twitter serta menganalisis faktor penyebab terjadinya perilaku hate speech oleh mahasiswa Universitas Negeri Padang di media sosial. Jenis penelitian ini menggunakan metode analisis isi dengan pendekatan kualitatif dimana penelitian ini hasilnya berbentuk kata-kata tertulis dari komentar yang diamati. Informan dalam penelitian ini ditentukan melalui purposive sampling. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, dan studi dokumentasi. metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data terdiri dari kualitatif dengan menggunakan metode triangulasi teori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk hate speech yang dilakukan oleh mahasiswa Universitas Negeri Padang terdiri dari bentuk penghinaan, penyebaran berita bohong, menghasut, dan penistaan serta faktor penyebab terdiri dari faktor individu pengungkapan emosi, faktor globalisasi, faktor ketidaktahuan mahasiswa terhadap calon presiden yang maju, faktor politik, dan faktor pengaruh oleh lingkungan pertemanan.</em></p>2024-12-27T10:59:11+00:00Copyright (c) 2024 Journal of Education, Cultural and Politics https://jecco.ppj.unp.ac.id/index.php/jecco/article/view/434Penanaman nilai-nilai kebhinekaan pada Fase D kurikulum merdeka2024-12-30T07:09:04+00:00Tirza Nestitirzanesti997@gmail.comJunaidi Indrawadijunaidi.indra@fis.unp.ac.idAzwar Anandaananda.azwar4127@gmail.comNurman Snurmans@fis.unp.ac.id<p><em>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana penanaman nilai-nilai kebhinekaan dilakukan pada fase D Kurikulum Merdeka di sekolah menengah pertama. Jenis Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan, observasi, wawancara, dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penanaman nilai-nilai kebhinekaan dilaksanakan melalui tiga metode yaitu pemahaman yaitu dengan mengintegrasikan nilai-nilai kebhinekaan pada pembelajaran PPKn Kurikulum Merdeka. Pembiasaan meliputi kegiatan pembiasaan mingguan sekolah, kegiatan keagamaan, serta pengalaman kebhinekaan di SMP Negeri 10 Kerinci tergambar dari kegiatan ekstrakurikuler yang beragam, dan kegiatan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Keteladanan melalui sikap yang dicontohkan oleh kepala sekolah maupun guru yang memberikan hak siswa secara adil kepada seluruh siswa tanpa melihat latar belakangnya</em><em>.</em></p>2024-12-27T15:15:52+00:00Copyright (c) 2024 Journal of Education, Cultural and Politics https://jecco.ppj.unp.ac.id/index.php/jecco/article/view/295Persepsi mahasiswa terhadap konten demokrasi channel youtube Najwa Shihab2024-12-30T07:09:59+00:00Ronna Adraronna99adra12@gmail.comHasrul Hasrulhasrulpiliang1966@gmail.comFatmariza Fatmarizafatmariza@fis.unp.ac.idAl Rafnialrafni@fis.unp.ac.id<p><em>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan gambaran persepsi mahasiswa terhadap demokrasi dan channel youtube milik Najwa Shihab. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif yang bersifat deskriptif. Informan dalam penelitian adalah mahasiswa PPKn UNP angkatan 2018. Alat pengumpulan data pada penelitian ini adalah analisis isi. Teknik pengumpulan data dilakukan secara wawancara, google form, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian didapatkan temuan bahwa pemahaman siswa tentang konten demokrasi channel youtube Najwa Shihab yang berjudul “Wajah Demokrasi di Era Jokowi-Makruf” menunjukkan bahwa mahasiswa PPKn FIS UNP sudah memiliki pemahaman yang sangat tinggi tentang konten-konten demokrasi channel youtube Najwa Shihab yang fokus membahas tentang isu-isu politik secara update dan penuh kritikan. Pemaham yang didapat oleh mahasiswa seperti, permasalahan Omibus Law, RUU KUHP, penundaan RKUHP, menolak pasal-pasal permasalahan dalam RUU ketenaga kerjaan, dan kenaikan harga BBM dan lain sebagainya.</em></p>2024-12-28T00:55:41+00:00Copyright (c) 2024 Journal of Education, Cultural and Politics https://jecco.ppj.unp.ac.id/index.php/jecco/article/view/255Strategi KPU Kota Padang dalam meminimalisir perilaku golput menghadapi Pemilu tahun 20242024-12-30T07:09:34+00:00Yola MarisaYolamarisa2300@gmail.comAl Rafnialrafni@fis.unp.ac.idSuryanef Suryanefsuryanef@fis.unp.ac.idHasrul Hasrulhasrulpiliang1966@gmail.com<p><em>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi KPU Kota Padang dalam meminimalisir perilaku golput dan kendala yang dihadapi KPU Kota Padang dalam meminimalisr perilaku golput tersebut menghadapi pemilu tahun 2024. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Pemilihan informan dilakukan dengan teknik Purposive Sampling. Jenis datanya adalah data primer dan data sekunder yang dikumpulkan melalui wawancara dan studi dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi sumber. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi yang dilakukan KPU Kota Padang yaitu dengan melakukan perencanaan tahapan sosialisasi, serta pelaksanaan dan pemilihan tindakan. Kendala yang dihadapi oleh KPU Kota Padang yaitu kurangnya antusias dari masyarakat, terbatasnya anggaran, dan jangka waktu yang singkat.</em></p>2024-12-28T01:01:52+00:00Copyright (c) 2024 Journal of Education, Cultural and Politics https://jecco.ppj.unp.ac.id/index.php/jecco/article/view/312Internalisasi nilai-nilai pendidikan karakter pada kurikulum merdeka belajar SMA2025-01-03T23:38:35+00:00Reza Fitriarezafitria062000@gmail.comJunaidi Indrawadijunaidi.indra@fis.unp.ac.idIsnarmi Isnarmiaanisnarmi213@gmail.comHasrul Hasrulhasrulpiliang1966@gmail.com<p><em>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter yang ditanamkan melalui kurikulum merdeka belajar dan mengetahui strategi penanaman nilai-nilai pendidikan karakter pada siswa melalui kurikulum merdeka belajar di SMA Negeri 1 Lembah Melintang. Tekinik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data diuji dengan triangulasi sumber. Data yang diperoleh tersebut kemudian di analisis dengan teknik analisis data yang terdiri dari tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan pengampilan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan penanaman nilai-nilai pendidikan karakter melalui kurikulum merdeka belajar sudah diterapkan di SMA Negeri 1 Lembah Melintang mulai dari kelas X. Adapun nilai-nilai pendidikan karakter yang ditanamkan melalui kurikulum merdeka belajar ialah beriman, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, berkebhinnekaan global, bergotong royong, kreatif, bernalar kritis dan mandiri. Strategi yang dilakukan guru dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter baik didalam kelas maupun diluar kelas yaitu pembiasaan, Pembelajaran aktif, inovatif, kreatif dan menyenangkan, cooperative learning dan inquiry.</em></p>2025-01-03T23:26:07+00:00Copyright (c) 2025 Journal of Education, Cultural and Politics https://jecco.ppj.unp.ac.id/index.php/jecco/article/view/317Kesadaran politik dan korelasinya terhadap partisipasi politik dalam pemilihan wali nagari2025-01-03T23:37:45+00:00Yola Yulandayolayolanda149@gmail.comSuryanef Suryanefsuryanef@fis.unp.ac.idAzwar Anandaananda.azwar4127@gmail.comAl Rafnialrafni@fis.unp.ac.id<p><em>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi kesadaran politik dan partisipasi politik masyarakat dalam pemilihan wali nagari dan untuk mengetahui tingkat kesadaran politik dan partisipasi politik masyarakat dalam pemilihan Wali Nagari Simpuruik Tahun 2021. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksploratif. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat yang terdaftar dalam DPT yang berjumlah 2775 orang dengan sampel sebanyak 165 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kusioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi pearson product moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat korelasi antara kesadaran politik dan partisipasi politik. Hal ini ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi pearsonnya sebesar 0.387 dengan nilai signifikansi < 0.0001. Artinya kesadaran politik memiliki hubungan yang signifikan terhadap partisipasi politik masyarakat dalam pemilihan wali nagari Simpuruik tahun 2021 dengan kekuatan hubungannya rendah. Tingkat kesadaran politik masyarakat dalam pemilihan Wali Nagari Simpuruik tahun 2021 mencapai 73% yang berada pada kategori Tinggi. Sedangkan tingkat partisipasi politik masyarakat dalam pemilihan Wali Nagari Simpuruik tahun 2021 mencapai 60% yang berada pada kategori Tinggi.</em></p>2025-01-03T23:35:21+00:00Copyright (c) 2025 Journal of Education, Cultural and Politics https://jecco.ppj.unp.ac.id/index.php/jecco/article/view/361Pandangan Forum Kerukunan Umat Beragama dan masyarakat multiagama terhadap nilai-nilai kerukunan2025-01-19T01:51:27+00:00Wildan Yusran Hutabaratwildanyusra@yahoo.comIsnarmi Isnarmiisnarmi213@gmail.comHenni Muchtarhennimuchtar@fis.unp.ac.idSusi Fitria Dewisusifd@fis.unp.ac.id<p><em>Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi bagaimana pandangan FKUB dan masyarakat multiagama terhadap nilai-nilai kerukunan di Kota Padang Panjang, dan untuk mengidentifikasi sejarah serta eksistensi FKUB di Kota Padang Panjang. Pendekatan deskriptif dipergunakan pada metodologi penelitian kualitatif ini. Dengan menggunakan snowball sampling dan purposive sampling, informan penelitian diidentifikasi. Untuk memastikan data yang diperoleh dapat digunakan untuk mengambil kesimpulan yang benar, prosedur pengumpulan data meliputi observasi, wawancara mendalam, studi dokumentasi, dan reduksi data. Hasil penelitian menggambarkan kehidupan yang rukun di Kota Padang Panjang yakni adanya sikap menghormati, bekerja sama dan saling percaya yang meliputi: kerjasama sosial maupun bidang agama, rasa kepedulian terhadap sesama maupun lingkungan, menaruh rasa percaya yang baik kepada setiap agama. Dalam eksistensinya, kehadiran dan keberadaan FKUB Kota Padang Panjang masih belum dirasakan oleh semua kalangan masyarakat, sehingga FKUB masih tegolong awam bagi sebagian masyarakat.</em></p>2025-01-09T05:24:55+00:00Copyright (c) 2025 Journal of Education, Cultural and Politics https://jecco.ppj.unp.ac.id/index.php/jecco/article/view/362Penyebab golput pada Pilkada tahun 20202025-01-19T01:57:47+00:00Sifahtullah Hamidhamidsifatullah@gmai.comAl Rafnialrafni@fis.unp.ac.idSuryanef Suryanefsuryanef@fis.unp.ac.idHasrul Hasrulhasrulpiliang1966@gmail.com<p><em>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor penyebab terjadinya golput pada Pilkada 2020 di Kecamatan Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman. Jenis Penelitian ini menggunakan mixed method dengan menggunakan model sequential yaitu sequential explanatory (kuantitatif-kualitatif) yang dimulai dengan penelitian kuantitatif untuk mendeskripsikan atau distribusi pemetaan tingkat penyebab golput masyarakat kemudian didukung dengan penelitian kualitatif melalui indept interview untuk memperkuat data yang diperoleh. Informan ditentukan melalui kombinasi teknik snowball sampling dan purposive sampling. Teknik pengumpulan data berupa angket, wawancara mendalam dan studi dokumentasi. Uji keabsahan data terdiri dari kuantitatif dengan menggunakan validitas dan realibilitas sedangkan uji kualitatif menggunakan metode triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa indikator penyebab golput faktor psikologis termasuk dalam kategori rendah dengan persentase 44,41%. Masih rendahnya minat atau keterlibatan masyarakat dalam aktivitas politik serta rendahnya sosialisasi politik yang diperoleh oleh masyarakat. Indikator sistem politik termasuk kedalam kategori rendah 40,33%, dimana rendahnya penilaian masyarakat terhadap sistem politik/pemerintah. Indikator kepercayaan politik termasuk kedalam kategori rendah dengan persentase 41,88%, dimana rendahnya kepercayaan masyarakat terhadap politik. Indikator sosial ekonomi juga termasuk kedalam kategori rendah dengan persentase 39,41%, dimana rendahnya penilaian masyarakat terhadap pilkada dengan melihat perjalanan politik yang menyebabkan kekecewaan terhadap kondisi nyata politik yang terjadi.</em></p>2025-01-19T01:34:11+00:00Copyright (c) 2025 Journal of Education, Cultural and Politics https://jecco.ppj.unp.ac.id/index.php/jecco/article/view/660Fleksibilitas kerja dalam meningkatkan produktivitas organisasi pendidikan Islam dari perspektif manajemen pendidikan2025-01-19T01:48:03+00:00Wahyu Hidayatwahyuhidayat@gmail.comHilyatun Najubahilyatunnajuba@gmail.com<p><em>Fleksibilitas kerja menjadi salah satu faktor kunci dalam meningkatkan produktivitas di berbagai sektor, termasuk dalam organisasi pendidikan Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana fleksibilitas kerja dapat memengaruhi produktivitas organisasi pendidikan Islam, dengan menggunakan perspektif manajemen pendidikan. Fleksibilitas kerja, yang mencakup pengaturan waktu kerja yang lebih fleksibel dan kemungkinan bekerja dari rumah, dapat memberikan dampak positif terhadap kinerja tenaga pendidik dan staf administratif dalam lembaga pendidikan Islam. Dalam konteks manajemen pendidikan, fleksibilitas kerja memungkinkan terciptanya lingkungan kerja yang lebih responsif terhadap kebutuhan individu, yang pada gilirannya dapat meningkatkan motivasi dan kepuasan kerja. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus pada beberapa lembaga pendidikan Islam di Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi fleksibilitas kerja tidak hanya meningkatkan efisiensi operasional, tetapi juga memperkuat hubungan antar anggota organisasi, memperbaiki keseimbangan kehidupan kerja, dan pada akhirnya berdampak pada peningkatan kualitas pembelajaran. Penelitian ini memberikan rekomendasi bagi pimpinan organisasi pendidikan Islam untuk mempertimbangkan penerapan kebijakan fleksibilitas kerja yang lebih luas guna mendukung produktivitas dan kualitas pendidikan yang lebih baik.</em></p> <p> </p>2025-01-19T01:47:25+00:00Copyright (c) 2025 Journal of Education, Cultural and Politics https://jecco.ppj.unp.ac.id/index.php/jecco/article/view/269Implementasi kebijakan Pemerintah Kota Padang terhadap anak jalanan2025-01-19T01:40:09+00:00Azahra Vemataraska Ramadhaniazahravemataraska@gmail.comMuhammad Prima Ersyamprimaersya@gmail.comIsnarmi Isnarmiaanisnarmi2134@gmail.comIdeal Putraidealputra@gmail.com<p><em>Penelitian ini bertujuan mengidentifikasikan dan mendeskripsikan implementasi kebijakan pemerintah Kota Padang terhadap anak jalanan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Informan ditentukan dengan metode purposive sampling. jenis data dan sumber data yang digunakan data primer dan data sekunder, instrumen penelitian wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa implementasi kebijakan pemerintah Kota Padang terhadap anak jalanan khususnya pada pembinaan anak jalanan sudah berjalan dengan baik, namun masih ada hambatan dalam melaksanakan usaha preventif, represif dan rehabilitasi yang tertera pada Peraturan Walikota No.41 Tahun2017. Hal ini karena rendahnya komunikasi yang dilakukan oleh implementator kepada kelompok sasaran kurangnya koordinasi antar instansi, serta kurangnya partisipasi masyarakat terhadap kebijakan ini. Hambatan dalam pengimplementasiannya terdiri atas aspek komunikasi dan aspek sumber daya manusia. Serta upaya pemerintah dalam mengatasi hambatan pada pelaksanaan kebijakan ini dilakukan dengan cara melaksanakan patroli dan razia rutin serta memberikan pengarahan dan melakukan kerjasama dengan instansi lain. Jadi dapat disimpulkan bahwa pengimplementasian kebijakan pemerintah Kota Padang terhadap anak jalanan sudah berjalan meskipun secara teknik pelaksanaannya pada usaha preventif, represif, dan rehabilitasi yang tertera didalam kebijakan ini belum dilaksanakan secara efektif.</em></p>2025-01-19T01:37:37+00:00Copyright (c) 2025 Journal of Education, Cultural and Politics https://jecco.ppj.unp.ac.id/index.php/jecco/article/view/343Pemanfaatan dana beasiswa program kartu indonesia pintar pada siswa2025-01-19T02:03:41+00:00Putri Syahrani Rizalputrisyahranirizal25@gmail.comAzwar Anandaananda.azwar41272@gmail.comSuryanef Suryanefsuryanef@fis.unp.ac.idAl Rafnialrafni@fis.unp.ac.id<p><em>Penelitian ini membahas pemanfaatan dana beasiswa Program Kartu Indonesia Pintar pada siswa MAN 3 Tanah Datar. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pemanfaatan dana beasiswa KIP pada siswa, bentuk penyalahgunaan dana beasiswa KIP pada siswa dan upaya sekolah dalam mengatasi penyalahgunaan dana beasiswa KIP pada siswa. Desain penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengambilan informan menggunakan purposive sampling dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, serta dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber. Data yang diperoleh dianalisis dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan dana beasiswa program kartu indonesia pintar pada siswa MAN 3 Tanah Datar digunakan untuk memenuhi kebutuhan sekolah seperti membeli alat tulis, buku tulis, tas sepatu sekolah, uang saku dan membayar biaya SPP. Namun masih terdapat bentuk penyalahgunaan dana beasiswa pada siswa dengan menggunakannya untuk membeli HP, membeli kuota internet, dan belanja online. Dalam mengatasi penyalahgunaan dana beasiswa KIP pada siswa maka pihak sekolah melakukan beberapa upaya yaitu mengadakan sosialisasi/pengarahan pemanfaatan beasiswa KIP kepada wali murid/siswa dan memantau penggunaan dana beasiswa pada siswa.</em></p>2025-01-19T02:02:08+00:00Copyright (c) 2025 Journal of Education, Cultural and Politics https://jecco.ppj.unp.ac.id/index.php/jecco/article/view/364Implementasi Program Sekolah Ramah Anak di SMA2025-01-19T02:08:09+00:00Nurul Husna Zaharanurulhusnazah@gmail.comJunaidi Indrawadijunaidi.indra@fis.unp.ac.idSusi Fitria Dewisusifd@fis.unp.ac.idMuhammad Prima Ersyamprima@gmail.com<p><em>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana implementasi Sekolah Ramah Anak di SMAN 1 Ampek Angkek. Deskripsi tersebut terkait faktor pendukung dan penghambat dari pengimplementasian Program Sekolah Ramah Anak. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dengan metode deskriptif. Penentuan informan dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Pada tahap validasi data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan Implementasi Program Sekolah Ramah Anak mengacu pada komponen Sekolah Ramah Anak yaitu kebijakan sekolah ramah anak, pembelajaran ramah anak, pendidik dan tenaga pendidik yang terlatih, sarana dan prasarana yang ramah anak, partisipasi orang tua beserta lembaga masyarakat, dunia usaha, instansi terkait dan alumni. Faktor pendukung dalam implementasi Sekolah Ramah Anak yakni kualitas guru yang menunjang program, keikutsertaan peserta didik, serta sarana dan prasarana yang memadai. Sedangkan faktor penghambat program Sekolah Ramah Anak yakni pengaruh teknologi yang semakin canggih serta pengaruh lingkungan keluarga, lingkungan sosial dan lingkungan bermain anak yang berpengaruh terhadap perkembangan anak.</em></p>2025-01-19T02:07:36+00:00Copyright (c) 2025 Journal of Education, Cultural and Politics https://jecco.ppj.unp.ac.id/index.php/jecco/article/view/298Implikasi Program Kampung KB terhadap kualitas keluarga2025-01-19T02:13:20+00:00Suci Prischa Ramadhantyprischaaaramadhantyyy@gmail.comAzwar Anandaananda.azwar4127@gmail.comFatmariza Fatmarizafatmariza@fis.unp.ac.idHenni Muchtarhennimuchtar@fis.unp.ac.id<p><em>Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan kegiatan program kampung KB dan menganalisis implikasi program kampung KB terhadap kualitas keluarga di Jorong Koto Gadang. Penelitian ini menggunakan jenis kualitatif. Informan penelitian terdiri dari Kepala DPPKBP3A Kabupaten Solok, Wali Nagari Talang, Ketua Jorong Koto Gadang, Ketua program Kampung KB Jorong Koto Gadang, tokoh pemuda, dan masyarakat Jorong Koto Gadang. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Analisis data menggunakan teknik kualitatif dengan mengumpulkan, mereduksi, dan menyajikan data serta menarik kesimpulan. Hasil penelitian menjelaskan pelaksanaan kegiatan program kampung KB Jorong Koto Gadang memiliki anggaran dana yang cukup dan kegiatan berjalan lancar dalam meningkatkan kualitas keluarga. Terdapat 5 program, yaitu BKB dengan posyandu balita dan pembinaan. BKL dengan senam, posyandu, dan wirid lansia dan pembinaan. BKR dengan pembinaan keluarga yang memiliki remaja dan PUS. UPPKS dengan pendampingan usaha. PIK-R dengan wirid dan pembinaan remaja. Namun, dalam koordinasi lintas sektornya masih belum bekerja sama dengan instansi lainnya. Program kampung KB di Jorong Koto Gadang berimplikasi baik terhadap kualitas keluarga.</em></p>2025-01-19T02:12:34+00:00Copyright (c) 2025 Journal of Education, Cultural and Politics https://jecco.ppj.unp.ac.id/index.php/jecco/article/view/311Penerapan Profil Pelajar Pancasila melalui kegiatan gotong royong2025-01-19T02:18:59+00:00Widia Permata Sari08widiapermatasari@gmail.comAzwar Anandaananda.azwar4127@gmail.comMaria Montessorimariamontessori@fis.unp.ac.idJunaidi Indrawadijunaidi.indra@fis.unp.ac.id<p><em>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai penerapan profil pelajar Pancasila melalui kegiatan gotong royong yang merupakan salah satu dimensi dari Profil Pelajar Pancasila. Hal ini ditujukan dan mengarahkan peserta didik menjadi makhluk sosial dengan mewujudkan sikap peduli, saling tolong menolong satu sama lain dan memiliki sifat rendah hati. Jenis Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode fenomenologi. Untuk mendapatkan data, peneliti memakai metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data dimulai dari reduksi data, kemudian tahap penyajian data, terakhir penarikan kesimpulan. Untuk mengecek keabsahan data digunakan teknik Trianggulasi sumber. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa siswa sudah cukup baik dalam menerapkan profil Pelajar Pancasila melalui kegiatan gotong royong, dengan ikut serta melakukan partisipasi terhadap lingkungan sekolah. Meskipun demikian, terdapat hambatan/kendala yang dihadapi oleh siswa yaitu faktor internal yang dimana siswa kurang memiliki kesadaran diri dan motivasi serta komitmen untuk melaksanakan kegiatan tersebut. Padahal sekolah memberikan sosialisasi dikelas, motivasi, memberikan penghargaan/reward, sanksi yang tegas dan melaksanakan kegiatan khusus di sekolah.</em></p>2025-01-19T02:16:53+00:00Copyright (c) 2025 Journal of Education, Cultural and Politics https://jecco.ppj.unp.ac.id/index.php/jecco/article/view/386Implementasin Gerakan Sekolah Menyenangkan dalam Pembelajaran PPKn di SMK Negeri 6 Padang2025-01-23T08:46:02+00:00Rahmi Hertianirahmihertiani@gmail.comMaria Montessorimariamontessori@fis.unp.ac.idAzwar Anandaananda.azwar41272@gmail.comJunaidi Indrawadijunaidi.indra@fis.unp.ac.id<p><em>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan </em><em>implementasi gerakan sekolah menyenagkan dalam pembelajaran PPKn di SMK Negeri 6 Padang</em><em>. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Informan dalam penelitian ini sebanyak </em><em>35</em><em> orang untuk mendapatkan data hasil penelitian. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Uji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi sumber. Berdasarkan informasi dari beberapa informan penelitian, dapat disimpulkan bahwa </em><em>impelentasi gerakan sekolah menyenangkan</em><em> yang ditemukan dalam penelitian ini yaitu (1) </em><em>Suasana dalam pelaksanaan pembelajaran</em><em> (2) </em><em>Menggunakan metode bervariasi </em><em> (3) </em><em>Guru sebagai model dan fasilitator</em><em> (4) </em><em>Penggunaan IT (5) Kebijakan sekolah yang memihak siswa dan guru</em><em>. Dengan adanya </em><em>implementasi</em><em> ini, </em><em>terdapat kendala-kendala dalam pelaksanaanya, kendala dalam penelitian ini yaitu (1) Guru ditantang untuk menunjukan kenerja yang maksimal (2) Kurang biaya dalam pengadaan alat-alat dalam menunjang kegiatan pembelajaran (3) Jam mengajar guru yang banyak. </em><em>Dengan adanya kendala-kendala ini, Guru</em><em> PPKn</em><em> mengupayakan beberapa hal untuk mengatasi kendala tersebut, diantaranya (1)</em> <em>Mengikuti pelatihan lokakarya pembelajaran PPKn (2) Menggunakan biaya iuran kelas dan ketersediaan alat-alat oleh guru PPKn (3) Kolaborasi dengan tenaga pendidik lain atau staff pendidik</em></p>2025-01-23T08:45:23+00:00Copyright (c) 2025 Journal of Education, Cultural and Politics https://jecco.ppj.unp.ac.id/index.php/jecco/article/view/259Peranan Pembimbing Akademik dalam pembinaan disiplin siswa SMP2025-01-23T08:49:25+00:00Wisniati Wisniatiwisniati.saja1997@gmail.comMaria Montessorimariamontessori@fis.unp.ac.idHasrul Hasrulhasrulpiliang1966@gmail.comJunaidi Indrawadijunaidi.indra@fis.unp.ac.id<p><em>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peranan pembimbing akademik dalam pembinaan disiplin siswa, kendala yang dihadapi pembimbing akademik, upaya pembimbing akademik dalam mengatasi kendala menanamkan pembinaan disiplin siswa. Jenis penelitian kualitatif deskriptif. Pemilihan informan penelitian dilakukan dengan teknik purposive sampling. Jenis data terdiri dari data primer dan data sekunder, dikumpulkan melalui observasi, wawancara, serta dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Teknik analisis data melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa peranan pembimbing akademik dalam pembinaan disiplin siswa di SMP Negeri 15 Padang yaitu bertanggungjawab terhadap siswa bimbingannya, bekerjasama dengan guru BK dalam penyelesaian masalah, memotivasi siswa untuk dapat mematuhi semua ketentuan sekolah, menjalin komunikasi dengan wali murid tentang kemajuan siswa bimbingan. Kendala yang dihadapi pembimbing akademik yaitu karakter siswa yang berbeda-beda, sulitnya guru mengatur waktu antara kewajiban mengajar dan memperhatikan siswa bimbingan, sulit dalam bekerjasama dengan orang tua siswa, kurangnya reward dari pihak sekolah. Upaya untuk mengatasi kendala tersebut yaitu berupaya memahami karakter siswa bimbingannya, membuat jadwal yang tepat untuk bertemu siswa bimbingannya, membuat jadwal yang tepat untuk bertemu siswa, bekerja sama dengan sekolah untuk menghadiri orang tua kesekolah, serta bersikap ikhlas.</em></p>2025-01-23T08:47:42+00:00Copyright (c) 2025 Journal of Education, Cultural and Politics https://jecco.ppj.unp.ac.id/index.php/jecco/article/view/328Kendala guru dan siswa dalam mengimplementasikan Asesmen Hasil Belajar Siswa dalam Kurikulum Merdeka Belajar2025-01-23T08:53:08+00:00Fauziah RahmatikaFauziahrahmatika250301@gmail.comMaria Montessorimariamontessori@fis.unp.ac.idFatmariza Fatmarizafatmariza@fis.unp.ac.idAl Rafnialrafni@fis.unp.ac.id<p><em>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kendala-kendala yang dihadapi guru dan siswa dalam mengimplementasikan asesmen hasil belajar siswa dalam kurikulum merdeka belajar di SMAN 7 Padang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Uji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi sumber. Berdasarkan informasi dari beberapa informan penelitian, dapat disimpulkan bahwa kendala-kendala yang ditemukan dalam penelitian ini yaitu guru belum memahami secara maksimal terkait pelaksanaan asesmen hasil belajar siswa dalam kurikulum Merdeka, sekolah masih dalam masa transisi dari pembelajaran daring ke luring, tidak semua siswa memiliki dana yang cukup untuk melaksanakan penilaian project, dan masih adanya siswa yang tidak memiliki sarana untuk melakukan ujian berbasis digital. Upaya guru untuk mengatasi kendala tersebut, diantaranya melaksanakan sosialisasi kurikulum merdeka belajar melalui lokakarya, guru memprioritaskan nilai dari ulangan harian, mempertimbangkan bentuk pemberian tugas project, dan sekolah memaksimalkan sarana dan prasarana untuk menunjang pelaksaan asesmen hasil belajar siswa.</em></p>2025-01-23T08:52:14+00:00Copyright (c) 2025 Journal of Education, Cultural and Politics