https://jecco.ppj.unp.ac.id/index.php/jecco/issue/feed Journal of Education, Cultural and Politics 2024-04-01T05:30:57+00:00 Irwan, M.Sc jecco@ppj.unp.ac.id Open Journal Systems <p style="text-align: justify;"><strong>e_ISSN :&nbsp; &nbsp;<a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/20210714401321341">2798 - 6020</a></strong><br><strong>p_ISSN :&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp; &nbsp; &nbsp;&nbsp; - &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp;&nbsp; </strong><br><strong>Editor in Chief : Irwan, M. Sc</strong><br><strong>Frequency : </strong>Semi-anually (2 issues per year)<br><strong>E-mail :</strong> jecco@ppj.unp.ac.id<br><strong>Publisher : </strong>Departemen Ilmu Sosial Politik Universitas Negeri Padang<br><strong>Focus &amp; Scope :</strong> Journal of Education, Cultural, and Politics atau disingkat JECCO merupakan salah satu jurnal yang berada di lingkungan Departemen Ilmu Sosial Politik Universitas Negeri Padang. JECCO menerbitkan artikel-artikel ilmiah yang merupakan hasil riset para dosen, praktisi kependidikan, peneliti dibidang Ilmu Kependidikan, Sosial-budaya, dan Politik dari seluruh Indonesia. JECCO terbit dua kali dalam satu tahun.</p> <p>&nbsp;</p> https://jecco.ppj.unp.ac.id/index.php/jecco/article/view/378 Peran tokoh adat Pauh Kambar dalam kontestasi Pemilihan Gubernur Sumatera Barat Tahun 2020 2024-03-20T15:58:20+00:00 Muhammad Akmal akmalgbk@gmail.com Hasrul Hasrul hasrulpiliang1966@gmail.com Suryanef Suryanef suryanef@fis.unp.ac.id Nurman S nurmans@fis.unp.ac.id <p><em>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peranan tokoh adat dalam pelaksanaan pemilihan gubernur, mengetahui faktor yang mempengaruhi partisipasi pada pelaksanaan pemilihan gubernur sumatera barat di nagari Pauh Kambar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Peneliti melakukan wawancara dengan informan yang dipilih melalui purposive sampling. Informan tersebut terdiri dari Datuak, ketua PPK nan sabaris, tokoh adat, dan tokoh pemuda. Teknik pengumpulan data berupa wawancara dan studi dokumentasi. Uji keabsahan data kualitatif menggunakan metode triangulasi sumber, ketekunan pengamatan dan member check. Peneliti menemukan bahwa terdapat tiga peranan yang dilakukan oleh tokoh adat dalam meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pemilihan Gubernur tahun 2020, yaitu peran sosialisasi, peran pengawasan, dan peran pencegahan konflik pasca Pilkada. Kemudian faktor yang mempengaruhi partisipasi pada pelaksanaan pemilihan Gubernur Provinsi Sumatera Barat di Nagari Pauh Kambar yaitu tingkat kepercayaan masyarakat kepada penyelenggara, tingkat kesadaran masyarakat akan pentingnya satu suara dalam menentukan pemimpin di masa yang akan datang, tingkat pengetahuan masyarakat terhadap Pilkada, dan faktor sosialisasi</em><em>.</em></p> 2024-02-22T03:53:04+00:00 Copyright (c) 2024 Journal of Education, Cultural and Politics https://jecco.ppj.unp.ac.id/index.php/jecco/article/view/416 Faktor-Faktor yang berkontribusi terhadap motivasi mengajar guru honorer 2024-03-20T15:54:43+00:00 Nadila Ramadhani Nadilaramadhani03@gmal.com Azwar Ananda ananda.azwar41272@gmail.com Maria Montessori mariamontessori@fis.unp.ac.id Isnarmi Isnarmi isnarmi213@gmail.com <p><em>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja faktor yang berkontribusi terhadap motivasi mengajar guru honorer di UPT SMPN 2 Painan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif yang dilaksanakan di UPT SMPN 2 Painan. Informan pada penelitian ini ditentukan dengan teknik purposive sampling yang terdiri dari kepala sekolah dan guru honorer. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber dan trianggulasi teknik. Teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang berkontribusi terhadap motivasi mengajar guru honorer di UPT SMPN 2 Painan terdiri dari dua faktor yaitu intrinsik yaitu rasa tanggung jawab terhadap siswa, kecintaan terhadap proses pembelajaran, kepuasan pribadi, keinginan untuk terus mengembangkan diri sebagai pendidik dan iklim/suasana dalam pekerjaan. Faktor ekstrinsik seperti apresiasi dan pengakuan, dukungan dari pihak sekolah atau kepala sekolah, insentif atau reward, lingkungan kerja, terdaftar di dapodik, pengangkatan Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja atau aparatur sipil Negara, lulusan pendidikan dan kurangnya keahlian yang dimiliki guru honorer diluar bidang pendidikan</em><em>.</em></p> 2024-02-22T03:58:54+00:00 Copyright (c) 2024 Journal of Education, Cultural and Politics https://jecco.ppj.unp.ac.id/index.php/jecco/article/view/391 Pemanfaatan sumber belajar digital dalam Pembelajaran PPKn 2024-03-20T15:55:55+00:00 Hesti Ajeng Irani hestiajeng21.ha@gmail.com Azwar Ananda ananda.azwar41272@gmail.com Maria Montessori mariamontessori@fis.unp.ac.id Junaidi Indrawadi junaidi.indra@fis.unp.ac.id <p><em>Penelitian ini dilatarbelakangi oleh berbagai permasalahan yang dihadapi guru dan siswa dalam pemanfaatan sumber belajar digital dalam pembelajaran PPkn di SMAN 7 Padang. Dalam penggunaan sumber belajar digital dalam pembelajaran PPKn di SMAN 7 padang ditemukan beberapa permasalahan yang menarik untuk diteliti. Tujuan dari penelitian ini yaitu, pertama, untuk mendeskripsikan bagaimana pemanfaatan sumber belajar digital oleh guru dan siswa dalam proses belajar mengajar. Kedua, untuk mengidentifikasi kendala yang dihadapi guru dan siswa dalam pemanfaatan sumber belajar digital. ketiga, untuk mendeskripsikan upaya yang dilakukan guru dan siswa dalam menghadapi kendala yang ditemukan. Jenis penelitian yang digunakan adalah mixed method (metode kualitatif dan metode kuantitatif) yang berlokasi di SMAN 7 Padang. Adapun informan dalam penelitian ini ditentukan secara purposive sampling, diantaranya adalah wakil kepala sekolah bidang kurikulum, guru PPKn, siswa kelas X, XI, dan XII. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara, studi dokumentasi dan angket. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan pemanfaatan sumber belajar digital dalam pembelajaran PPKn di SMAN 7 Padang sudah terlaksana dengan baik namun belum maksimal</em><em>.</em></p> 2024-02-22T04:03:31+00:00 Copyright (c) 2024 Journal of Education, Cultural and Politics https://jecco.ppj.unp.ac.id/index.php/jecco/article/view/401 Tradisi basilek baluluak bajarami di Nagari Kumango Tanah Datar 2024-03-20T15:55:21+00:00 Nova Monda Resta novamondaresta@gmail.com Nurman S nurmans@fis.unp.ac.id Susi Fitria Dewi susifd@fis.unp.ac.id Yusnanik Bakhtiar yusnanikbakhtiar@gmail.com <p><em>Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan pelaksanaan tradisi basilek baluluak bajarami, untuk menganalisis faktor yang mempengaruhi&nbsp;pelaksanaan tradisi basilek baluluak bajarami, dan untuk&nbsp;mengidentifikasi upaya yang dilakukan dalam mempertahankan tradisi basilek baluluak bajarami. Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif bersifat deskriptif. Peneliti melakukan wawancara dengan 6 informan melalui purposive sampling. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Uji keabsahan data kualitatif menggunakan ketekunan pengamatan, member check, triangulasi sumber, triangulasi teknik. Peneliti menemukan pelaksanaan tradisi basilek baluluak bajarami terdiri dari 6 tahapan: pawai alegoris, mairiak padi, bajarami fashion, tari galuak, Silek Kumango, Silek Baluluak, Silek Bajarami dan makan bajamba diiringi tari piring. Faktor pendukung pelaksanaan tradisi basilek baluluak bajarami adalah sarana dan prasarana memadai, pelatih silek yang aktif untuk melatih, semangat generasi muda yang masih ingin menjaga tradisinya, jadwal latihan silek tidak menganggu kegiatan sekolah serta faktor penghambat faktor pendanaan, kurangnya kebersamaan masyarakat dalam bergotong-royong, faktor cuaca, dan faktor waktu. Upaya mempertahankan tradisi berasal dari generasi muda, masyarakat, pemerintah, dan guru silek</em><em>.</em></p> 2024-02-22T04:35:17+00:00 Copyright (c) 2024 Journal of Education, Cultural and Politics https://jecco.ppj.unp.ac.id/index.php/jecco/article/view/387 Peranan petani kelapa kopra dalam mendukung pendidikan anak 2024-03-20T15:56:35+00:00 Maulana Az Zakiy maulanaazzakiy23@gmail.com Yusnanik Bakhtiar yusnanikbakhtiar@gmail.com Azwar Ananda ananda.azwar41272@gmail.com Ideal Putra idealputra@fis.unp.ac.id <p><em>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan orang tua yang bekerja sebagai petani kelapa kopra di Kecamatan Enok Kabupaten Indragiri Hilir terhadap pendidikan anak. Jenis penelitian yang di gunakan adalah kualitatif dengan metode dekriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini ialah dengan wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Informan penelitian petani kelapa kopra dan staf kantor camat kecamatan Enok. Tahapan analisis data pengumpulan data, data reduction, data display (penyajian data), penarikan kesimpulan. Pada tahapan validasi data menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian yang peneliti dapat mengenai peranan orang tua dalam pendidikan anak yaitu bagi orang tua yang bekerja sebagai petani kelapa kopra peran orang tua dalam mendukung pendidikan anak merupakan suatu hal yang penting untuk masa depan anak yaitu dengan cara memberikan motivasi, peran orang tua sebagai guru di rumah, serta keterlibatan orang tua dalam pendidikan anak. Faktor penghambat pendidikan anak petani kelapa kopra yaitu kurangnya peran orang tua, tingkat pendidikan orang tua, faktor ekonomi keluarga, dan lingkungan yang kurang baik</em><em>.</em></p> 2024-02-22T04:43:04+00:00 Copyright (c) 2024 Journal of Education, Cultural and Politics https://jecco.ppj.unp.ac.id/index.php/jecco/article/view/384 Peran sosial buruh tani perempuan di Nagari Lubuk Gadang Timur Solok Selatan 2024-03-20T15:57:31+00:00 Asri Turahma asriturahma03@gmail.com Fatmariza Fatmariza fatmariza@fis.unp.ac.id Al Rafni alrafni@fis.unp.ac.id Henni Muchtar hennimuchtar@fis.unp.ac.id <p><em>Penelitian ini bertujuan untuk&nbsp; &nbsp;menganalisis peran sosial buruh tani perempuan, menganalisis dampak yang dirasakan buruh tani perempuan ketika tidak melakukan peran sosial, menganalisis upaya buruh tani perempuan dalam mewujudkan peran sosialnya di Nagari Lubuk Gadang Timur Kecamatan Sangir Kabupaten Solok Selatan. Jenis penelitian&nbsp;adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan data primer dan sekunder. Informan penelitian terdiri dari buruh tani perempuan, suami buruh tani perempuan, ninik mamak, wali nagari dan masyarakat. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber. Data dianalisis melalui tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian buruh tani perempuan bisa melaksanakan peran sosial namun sebagian lagi tidak bisa melaksanakan peran sosialnya. kendala-kendala dalam melaksanakan peran sosialnya seperti kendala ekonomi, dan kendala waktu. Ketidakterlibatan buruh tani perempuan berdampak pada pengucilan oleh Masyarakat dan dikatakan tidak mau bergaul. Dampak internal dari diri sendiri bahwa perempuan juga harus dihormati dari adanya beban ganda yang dilakukan. Adapun Upaya buruh tani dalam mewujudkan peran sosialnya diantaranya memanajemen waktu dengan baik, memberikan motivasi pada diri sendiri, dan manajemen pembagian tugas dalam keluarga</em><em>.</em></p> <p>&nbsp;</p> <p><strong><em>Kata Kunci</em></strong><strong><em>:</em></strong> <strong><em>buruh tani perempuan</em></strong><strong><em>, </em></strong><strong><em>kegiatan sosial, dampak, upaya </em></strong></p> 2024-02-22T14:04:07+00:00 Copyright (c) 2024 Journal of Education, Cultural and Politics https://jecco.ppj.unp.ac.id/index.php/jecco/article/view/459 Pembentukan karakter tanggung jawab, religius, dan disiplin melalui kegiatan ekstrakurikuler Pramuka pada siswa 2024-03-20T16:34:00+00:00 Rina Ratna Sari rinaratnasari396@gmail.com Isnarmi Isnarmi isp_turnitin@fis.unp.ac.id Azwar Ananda ananda.azwar41272@gmail.com Junaidi Indrawadi junaidi.indra@fis.unp.ac.id <p><em>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk kegiatan ekstrakurikuler pramuka dalam pembentukan karakter tanggung jawab, religius, dan disiplin pada siswa dan untuk mengetahui dampak kegiatan ekstrakurikuler pramuka terhadap pembentukan karakter tanggung jawab, religius, dan disiplin pada siswa SMA N 1 X Koto diatas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Informan penelitian ini ditentukan dengan menggunakan Teknik purposive sampling. Untuk Teknik pengumpunlan data dengan cara observasi dan wawancara serta di tambah studi dokumentasi. Uji kebasahan data untuk penelitian ini menggunakan Teknik triangulasi. Teknik analisis data dilaksanakan dengan cara mengumpulkan data, mereduksi data, menyajikan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menjelaskan bahwa pembentukan karakter pada siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler pramuka dapat berjalan dengan baik. Hal ini dibuktikan dengan berkurangnya siswa yang melakukan pelanggaran. Pembentukan karakter pada kegiatan ekstrakurikuler pramuka ini dilakukan melalui&nbsp;kegiatan ekstrakurikuler dari pramuka seperti yaitu kegiatan PBB, kegiatan Tali temali, kegiatan Pionering, tabungan kas/sosial, dan kegiatan wirid remaja. Kedua, Dampak kegiatan ekstrakurikuler tersebut terhadap karakter tanggung jawab, religious, dan disiplin adalah karakter dari siswa menjadi lebih baik dari sebelumnya</em><em>.</em></p> <p>&nbsp;</p> 2024-03-13T06:09:33+00:00 Copyright (c) 2024 Journal of Education, Cultural and Politics https://jecco.ppj.unp.ac.id/index.php/jecco/article/view/418 Peran kepala desa dalam meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan 2024-03-20T16:33:29+00:00 Maharany Maharany Rmaharany209@gmail.com Hasrul Hasrul hasrulpiliang1966@gmail.com Al Rafni alrafni@fis.unp.ac.id Nurman S nurmans@fis.unp.ac.id <p><em>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran kepala desa dalam meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan di desa ampalu kota pariaman serta Partisipasi Masyarakat dalam Pembangunan di Desa Ampalu Kota Pariaman. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Informan dalam penelitian ini sebanyak 14 orang untuk mendapatkan data hasil penelitian. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Uji keabsahan data dalam penelitian ini ialah menggunakan Teknik triangulasi sumber dan triangulasi metode.&nbsp; Berdasarkan penelitian yang peneliti lakukan maka, peneliti memperoleh hasil penelitian bahwa peran yang dilakukan oleh Kepala Desa dalam meningkatkan Partisipasi Masyarakat dalam pembangunan Desa yaitu, pemberian motivasi terhadap masyarakat, melaksanakan koordinasi dan komunikasi, melakukan pengawasan. Bentuk partisipasi masyarakat dalam pembangunan desa yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, evaluasi, memelihara hasil pembangunan desa. Kendala yang dihadapi Kepala desa dalam meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan desa yaitu, komunikasi, tingkat pendidikan, Sikap Individualisme yang dimiliki masyarakat</em><em>.</em></p> 2024-03-16T02:10:53+00:00 Copyright (c) 2024 Journal of Education, Cultural and Politics https://jecco.ppj.unp.ac.id/index.php/jecco/article/view/462 Upaya perlindungan terhadap korban kekerasan seksual oleh P2TP2A 2024-03-20T16:34:48+00:00 Arini Tristiadina arinitristiadina6888@gmail.com Susi Fitria Dewi susifd@fis.unp.ac.id Isnarmi Isnarmi isnarmi213@gmail.com Henni Muchtar hennimuchtar@fis.unp.ac.id <p><em>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana upaya perlindungan teradap korban kekerasan seksual yang dilakukan oleh P2TP2A Kabupaten Pesisir Selatan, kedua untuk menganalisis bagaimana dampak positif bagi korban setelah mendapatkan penaganan dari P2TP2A Kabupaten Pesisir Selatan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa pertama, upaya perlindungan terhadap korban kekerasan seksual yang dilakukan oleh P2TP2A adalah menjaga kerahasiaan identitas dan keamanan informasi korban, mendampingi pemeriksaan kesehatan fisik korban, mendampingi pemulihan psikis korban, membantu proses penyelesaian kasus ke pengadilan.&nbsp; Kedua, dampak positif bagi korban kekerasan seksual setelah mendapatkan penanganan dari P2TP2A yaitu rasa aman bagi korban, hilangnya rasa trauma dan takut korban, penegakan hukum bagi korban</em><em>.</em></p> 2024-03-13T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Journal of Education, Cultural and Politics https://jecco.ppj.unp.ac.id/index.php/jecco/article/view/392 Adaptasi komunikasi mahasiswa perantauan di lingkungan Universitas Negeri Padang 2024-03-20T17:01:38+00:00 Ade Marisa ademarisa2225@gmail.com Junaidi Indrawadi junaidi.indra@fis.unp.ac.id Henni Muchtar hennimuchtar@fis.unp.ac.id Muhammad Prima Ersya mprima@gmail.com <p><em>Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketertarikan peneliti untuk melihat adaptasi komunikasi mahasiswa perantauan di lingkungan yang baru dengan adanya perbedaan latar belakang budaya, bahasa dan lingkungan untuk menempuh pendidikan di Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang, faktor yang mempengaruhi adaptasi komunikasi, hambatan yang dialami mahasiswa perantauan di FIS UNP. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa, adaptasi komunikasi mahasiswa perantauan dalam proses adaptasinya secara umum sudah berjalan baik dengan melewati beberapa fase, diantara nya fase dimana mahasiswa perantauan mengalami rasa keinginan tahuan yang besar terhadap lingkungan yang baru yang disebut fase honeymoon. Fase selanjutnya adalah fase crisis yang dirasakan oleh mahasiswa perantauan ialah fase dimana merasakan rasa frustasi, kecewa karena proses penyeusian tidak semudah dan sesuai dengan yang diharapkan, namun mahasiswa rantau akhirnya dapat melewati fase tersebut dan mulai mengerti dan mengikuti perbedaan budaya yang ada disebut fase penyesuaian (fase recovery). Terakhir mahasiswa perantauan sampai pada tahap fase adjustment yang sudah melakukan penyesuaian diri dengan budaya baru yang ada</em><em>.</em></p> 2024-03-20T17:01:38+00:00 Copyright (c) 2024 Journal of Education, Cultural and Politics https://jecco.ppj.unp.ac.id/index.php/jecco/article/view/374 Pemetaan permasalahan yang dihadapi guru PPKn dalam penerapan kurikulum merdeka belajar 2024-03-27T16:32:26+00:00 Rifky Devi Laura rifkylaura6@gmail.com Azwar Ananda ananda.azwar41272@gmail.com Maria Montessori mariamontessori@fis.unp.ac.id Junaidi Indrawadi junaidi.indra@fis.unp.ac.id <p><em>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemetaan permasalahan yang dihadapi guru PPKn dalam penerapan Kurikulum Merdeka Belajar di SMP Negeri Kota Padang. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dimana dari pendekatan tersebut dideskripsikan dalam bentuk kata-kata tertulis, informasi dan gambaran kondisi yang terstruktur dan faktual secara apa adanya mengenai fenomena yang diteliti. Informan dipilih melalui purposive sampling. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data terdiri dari kualitatif dengan menggunakan metode triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa permasalahan yang dihadapi guru terdiri dari kurangnya sarana, pemahaman guru yang masih minim mengenai Kurikulum Merdeka belajar, kurangnya kemampuan guru dalam mengembangkan media ajar yang berbasis teknologi, serta kendala dalam pemilihan metode ajar yang cocok bagi setiap siswa.</em></p> 2024-03-21T07:42:30+00:00 Copyright (c) 2024 Journal of Education, Cultural and Politics https://jecco.ppj.unp.ac.id/index.php/jecco/article/view/474 Persepsi guru PPKn dalam pembentukan karakter siswa 2024-03-27T16:33:32+00:00 Rena Nur Halisah Saputri a220200005@student.ums.ac.id Wibowo Heru Prasetiyo whp823@ums.ac.id <p><em>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi guru PPKn dalam pembentukan karakter siswa melalui implementasi Kurikulum Merdeka di SMK Muhammadiyah 2 Sragen. Studi ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif untuk dapat menggambarkan pelaksanaan Kurikulum Merdeka dan persepsi para guru PPKn. Para informan dipilih secara purposive sampling, meliputi guru PPKn, waka kurikulum, dan siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi yang kemudian hasil dianalisis secara interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SMK Muhammadiyah 2 Sragen sudah menerapkan Kurikulum Merdeka selama kurang lebih 2 tahun yang mendapatkan dukungan dari semua warga sekolah. Dalam implementasinya, Kurikulum Merdeka berorientasi pada pengembangan pendidikan karakter, Profil Pelajar Pancasila, dan Merdeka Belajar</em><em>.</em></p> 2024-03-21T09:08:26+00:00 Copyright (c) 2024 Journal of Education, Cultural and Politics https://jecco.ppj.unp.ac.id/index.php/jecco/article/view/369 Pelaksanaan pendidikan politik bagi kader partai oleh DPD Partai Golkar Sumatera Barat 2024-03-27T16:34:59+00:00 Fintarisa Lubis fintarisalubis277@gmail.com Al Rafni alrafni@fis.unp.ac.id Suryanef Suryanef suryanef@fis.unp.ac.id Hasrul Hasrul hasrulpiliang1966@gmail.com <p><em>Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan Pelaksanaan Pendidikan Politik bagi Kader Partai oleh DPD Partai Golkar Provinsi Sumbar Periode 2020-2025. Jenis peneltian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Pemilihan informan dilakukan dengan teknik Purposive Sampling. Jenis datanya adalah data primer dan data sekunder yang dikumpulkan melalui wawancara dan studi dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi sumber dan metode. Analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pendidikan politik oleh DPD Partai Golkar Provinsi Sumbar dilaksanakan berdasarkan hasil musyarawah daerah provinsi yang merupakan turunan dari musyawarah nasional yang kemudian dijalankan oleh bidang kaderisasi dan keanggotan. Pendidikan politik dilakukan paling tidak satu kali dalam setahun tetapi bisa lebih itu tergantung program yang diamanahkan dalam musyawarah daerah, budget, kebutuhan partai saat itu. Sedangkan hambatan yang dihadapi, yaitu keterbatasan dana, sarana dan prasarana yang terbatas, komunikasi yang tidak terjalin antar pengurus, kurangnya keseriusan kader, dan tidak ada inovasi baru. Dari berbagai hambatan yang ada DPD Partai Golkar Provinsi Sumbar sudah menyiapkan solusi-solusi yang ampuh dan secara praktis dan kondusif untuk kader partai dapat melaksanakan pendidikan politik</em><em>.</em></p> 2024-03-22T04:51:00+00:00 Copyright (c) 2024 Journal of Education, Cultural and Politics https://jecco.ppj.unp.ac.id/index.php/jecco/article/view/397 Transformasi Tradisi Etnis Mandailing di Nagari Rabi Jonggor, Kabupaten Pasaman Barat 2024-03-27T16:37:42+00:00 Vania Salsabila vaniasalsabila242@gmail.com Azwar Ananda ananda.azwar41272@gmail.com Nurman S nurmans@fis.unp.ac.id Ideal Putra idealputra@fis.unp.ac.id <p><em>Penelitian ini dilatarbelakangi dengan transformasi atau perubahan tradisi Etnis Mandailing di Nagari Rabi Jonggor Kec. Gunung Tuleh Kab. Pasaman Barat. Tujuan penelitian ini yaitu, pertama untuk mengetahui&nbsp; transformasi dari tradisi larangan pernikahan semarga dan transfomasi kesenian gordang sembilan, kedua untuk mengetahui faktor penyebab terjadinya transformasi tradisi di Nagari Rabi Jonggor. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif </em><em>untuk menggambarkan secara mendalam tentang perubahan dari tradisi larangan pernikahan semarga dan perubahan tradisi kesenian gordang sembilan. Informan dalam penelitian ini sebanyak 16 informan, yang dipilih melalui purposive sampling. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan metode triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa&nbsp; </em><em>Tradisi yang mengalami transformasi yang paling dominan di Nagari Rabi Jonggor yaitu tradisi larangan pernikahan semarga dan tradisi kesenian gordang sambilan. Masyarakat Nagari Rabi Jonggor telah mengalami pergeseran tradisi dalam pernikahan semarga, menurut hasil wawancara yang dilakukan para pelaku pernikahan semarga membuat pembelaan dengan mengatasnamakan ajaran agama islam. Karena islam tidak melarang pernikahan semarga tersebut apabila tidak senasab. Sedangkan gordang sembilan walaupun banyak mengalami&nbsp; transformasi untuk mengikuti zaman namun peminatnya maih jarang dibandingkan alat musik modern seperti keyboard.</em></p> 2024-03-24T10:30:49+00:00 Copyright (c) 2024 Journal of Education, Cultural and Politics https://jecco.ppj.unp.ac.id/index.php/jecco/article/view/395 Pelaksanaan program organisasi Bundo Kanduang dan implikasinya terhadap pelestarian adat 2024-03-31T05:22:26+00:00 Yuni Kartika yunikartika0205@gmail.com Nurman S nurmans@fis.unp.ac.id Fatmariza Fatmariza fatmariza@fis.unp.ac.id Susi Fitria Dewi susifd@fis.unp.ac.id <p><em>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan program organisasi bundo kanduang Nagari Gunuang Kota Padang Panjang dan implikasinya terhadap pelestarian adat. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data menggunakan ketekunan pengamatan, member check, serta triangulasi sumber dan teknik. Teknik analisa data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat beberapa program-program organisasi bundo kanduang Nagari Gunuang yang sudah terlaksana diantaranya yaitu belajar memasang tikuluak tanduak, prosesi manumbuak lasuang, pelatihan menyerak bareh kunyik, dan lomba prosesi adat Nagari Gunuang. Pelaksanaan program bundo kanduang ini dapat mengembalikan adat budaya yang telah memudar. Implikasi pelaksanaan program ini membuat masyarakat dapat mengenal serta mengetahui tentang prosesi adat dan menggali nilai yang terdapat dalam setiap prosesi adat di Nagari Gunuang</em><em>.</em></p> 2024-03-24T10:29:29+00:00 Copyright (c) 2024 Journal of Education, Cultural and Politics https://jecco.ppj.unp.ac.id/index.php/jecco/article/view/389 Implementasi metode pembelajaran PPKn berdasarkan Kurikulum Merdeka 2024-03-31T05:23:28+00:00 Filla Dika filladika654@gmail.com Maria Montessori mariamontessori@fis.unp.ac.id Azwar Ananda ananda.azwar4127@gmail.com Junaidi Indrawadi junaidi.indra@fis.unp.ac.id <p><em>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Metode Pembelajaran PPKn Berdasarkan Kurikulum Merdeka Belajar dan faktor pendorong dan penghambat dalam pengimplementasian metode ini di SMAN 2 Padang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi deskriptif. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data diuji dengan tringulasi sumber. Data yang telah diperoleh tersebut kemudian dianalisis dengan teknik analisis data yang terdiri dari tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi metode pembelajaran PPKn berdasarkan kurikulum merdeka belajar SMA Negeri 2 Padang memakai metode ceramah karena dengan menerapkan pembelajaran sistem ceramah siswa lebih berfikir kritis, kreatif dan inovatif. Selain itu siswa juga bebas berpendapat selama proses pembelajaran berlangsung. Guru juga mengadakan kegiatan diskusi dalam proses pembelajaran pendukung lainnya serta melaksanakan kurikulum merdeka belajar yang bertujuan agar siswa bisa berpendapat dan bertanya serta melihat keaktifan siswa. Kendala yang dihadapi SMAN Negeri 2 Padang ini dalam implementasi program ini adalah program ini masih baru sehingga belum semua peserta didik yang mampu menerima penerapan ini. Sekolah masih dalam taraf penyempurnaan kepada peserta didik dengan melakukan pembiasaan, mengingatkan dan mendisiplinkan peserta didik terhadap kegiatan disekolah</em><em>.</em></p> 2024-03-24T10:28:20+00:00 Copyright (c) 2024 Journal of Education, Cultural and Politics https://jecco.ppj.unp.ac.id/index.php/jecco/article/view/371 Implementasi program KPU Goes to School dalam meningkatkan partisipasi politik pemilih pemula 2024-03-30T02:46:30+00:00 Mutiara Gita Paluvi mutiaragitapaluvi@gmail.com Al Rafni alrafni@fis.unp.ac.id Susi Fitria Dewi susifd@fis.unp.ac.id Yusnanik Bakhtiar yusnanikbakhtiar@gmail.com <p><em>Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana sebenarnya implementasi dari Program KPU Goes To School dalam rangka meningkatkan Partisipasi Politik Pemilih Pemula dan kendala yang dihadapi KPU Bungo dalam melaksanakan program ini. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Penentuan informan dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan teknik pengumpulan data berupa indepth interview dan studi dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi sumber. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi program KPU Goes To School yang dijalankan oleh KPU Kabupaten Bungo dapat meningkatkan partisipasi politik khususnya pemilih pemula. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil pemilu pada pemilu 2014 dan pemilu 2019. Dalam melaksanakan program KPU Goes To School terdapat beberapa kendala yang dialami, yaitu keterbatasan anggaran, keterbatasan waktu pelaksanaan program, terbatasnya jumlah siswa/i yang mengikuti program, dan kurangnya stimulus pada pelaksanaan program.</em></p> <p>&nbsp;</p> 2024-03-24T16:14:08+00:00 Copyright (c) 2024 Journal of Education, Cultural and Politics https://jecco.ppj.unp.ac.id/index.php/jecco/article/view/375 Pembinaan nilai-nilai adat terhadap anak kemenakan oleh Ninik Mamak 2024-03-31T05:24:01+00:00 Aufi Afifa Rifki aufiafifarifki30@gmail.com Ideal Putra idealputra@fis.unp.ac.id Nurman S nurmans@fis.unp.ac.id Susi Fitria Dewi susifd@fis.unp.ac.id <p><em>Penelitian ini mengelaborasikan pembinaan nilai-nilai adat basandi syarak, syarak basandi kitabullah yang dilakukan oleh ninik mamak, yang bertujuan untuk membina karakter anak kemenakan menjadi lebih baik sesuai dengan filosofi adat tersebut. Penelitian ini ditujukan untuk menganalisis pembinaan nilai-nilai adat yang dilakukan oleh ninik mamak terhadap anak kemenakan, dan faktor-faktor yang menjadi kendala ninik mamak dalam pembinaan. Informan penelitian ditentukan secara purposive sampling dan data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi, dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembinaan yang dilakukan oleh ninik mamak dalam bentuk berdiskusi, menjadi teladan bagi anak kemenakan, pendidikan agama, pengenalan warisan budaya, dan partisipasi dalam upacara adat.</em></p> 2024-03-30T06:40:40+00:00 Copyright (c) 2024 Journal of Education, Cultural and Politics https://jecco.ppj.unp.ac.id/index.php/jecco/article/view/262 Pergeseran kedudukan anak laki-laki dan anak perempuan dalam masyarakat Batak Toba 2024-03-31T05:26:49+00:00 Ramot Tua Sibarani ramotsibarani2000@gmail.com Fatmariza Fatmariza fatmariza@fis.unp.ac.id Maria Montessori mariamontessori@fis.unp.ac.id Junaidi Indrawadi junaidi.indra@fis.unp.ac.id <p><em>Tujuan dari penelitian ini yaitu, pertama untuk mendeskripsikan pergeseran kedudukan anak laki laki dan anak perempuan dalam masyarakat Batak Toba, mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi pergeseran kedudukan anak laki-laki dan anak perempuan dalam masyarakat Batak Toba, serta menganalisis dampak dari pergeseran kehidupan sosial anak. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif yang menggambarkan serta menjelaskan dalam bentuk uraian secara sistematis dan akurat sesuai penomena-penomena atau fakta-fakta mengenai pergeseran kedudukan anak laki-laki dan anak perempuan dalam masyarakat batak toba di Desa Pangkatan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pergeseran kedudukan anak laki-laki dan anak perempuan dalam masyarakat Batak Toba karena berkembangnya pengalaman dan pengetahuan orang tua tentang kedudukan, Pendidikan, warisan, tanggung jawab ekonomi, dan peran perempuan dalam publik. Perubahan kedudukan anak laki-laki dan anak perempuan dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu faktor pendidikan, faktor ekonomi, agama, dan faktor sosial. Perubahan kedudukan anak laki-laki dan anak perempuan memiliki dampak baik bagi kehidupan sosial masyarakat Batak Toba.</em></p> 2024-03-30T08:11:57+00:00 Copyright (c) 2024 Journal of Education, Cultural and Politics https://jecco.ppj.unp.ac.id/index.php/jecco/article/view/393 Peran perempuan pengupas bawang dalam mengatasi kemiskinan melalui upaya meningkatkan perekonomian keluarga 2024-03-31T05:22:56+00:00 Devi Rozani devirozani@gmail.com Yusnanik Bakhtiar yusnanikbakhtiar@gmail.com Azwar Ananda ananda.azwar41272@gmail.com Susi Fitria Dewi susifd@fis.unp.ac.id <p><em>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisi peran Perempuan pengupas bawang dalam mengatasi kemiskinan dan meningkatkan perekonomian keluarga. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus, karena&nbsp; penelitian ini berfokus dan memperhatikan dengan seksama peran perempuan dengan intensif dan rinci, dengan penggalian informasi dan analisa secara mendalam. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran perempuan pengupas bawang dapat dibagi menjadi dua peran yaitu peran domestik dan peran publik. Perempuan dapat membagi waktu dalam menjalankan dua peran tersebut. Peran domestik dilakukan perempuan disela-sela waktunya bekerja. Selain itu, keikutsertaan perempuan yang sudah menikah di Nagari Surian dalam bekerja sebagai pengupas bawang telah berdampak positif terhadap peningkatan perekonomian keluarganya</em><em>.</em></p> 2024-03-30T17:24:33+00:00 Copyright (c) 2024 Journal of Education, Cultural and Politics https://jecco.ppj.unp.ac.id/index.php/jecco/article/view/283 Faktor-faktor yang mempengaruhi BUMNag dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat 2024-03-31T05:25:17+00:00 Muhamad Frimadani Fahma frimafahma14@gmail.com Al Rafni alrafni@fis.unp.ac.id Henni Muchtar hennimuchtar@fis.unp.ac.id Yusnanik Bakhtiar yusnanikbakhtiar@gmail.com <p><em>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi BUMNag Batang Pulai Saiyo Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat di Jinang Kp. Pansur. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan analisis SWOT, data yang digunakan bersumber dari wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Selain itu teknik yang digunakan untuk menguji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa BUMNag Batang Pulai Saiyo memiliki modal yang cukup, dengan menganut sistem bagi hasil, serta adanya kebebasan memilih dan mengelola usaha. Kelemahannya yaitu kurang optimalnya pengurus pengelola dalam menjalankan tugas, serta sarana dan prasarana belum menunjang kegiatan. Kesempatan yang dimiliki yaitu sumber daya alam yang berlimpah. Ancaman yang muncul yaitu sebagian usaha bergantung pada kondisi cuaca, tidak adanya penyuluhan, dan kurangnya pemahaman masyarakat tentang memanfaatkan kunjungan wisatawan. Dengan diketahuinya faktor-faktor yang mempengaruhi tersebut diharapkan agar BUMNag Batang Pulai Saiyo dapat mengidentifikasi kebutuhan masyarakat untuk selanjutnya disesuaikan dengan program-program yang akan dibuat dengan lebih optimal.</em></p> 2024-03-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Journal of Education, Cultural and Politics https://jecco.ppj.unp.ac.id/index.php/jecco/article/view/363 Pemahaman isu-isu politik dan korelasinya terhadap sikap politik 2024-03-31T05:24:38+00:00 Yori Ramadani ramadaniyori@gmail.com Suryanef Suryanef suryanef@fis.unp.ac.id Azwar Ananda ananda.azwar41272@gmail.com Fatmariza Fatmariza fatmariza@fis.unp.ac.id <p><em>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi pemahaman isu-isu politik terhadap sikap politik masyarakat Nagari Padang Laweh, Kecamatan Sungai Pua, Kabupaten Agam. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan korelasional. Dalam penelitian yang menjadi populasi adalah masyarakat yang terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang berjumlah 2635 orang dengan jumlah sampel sebanyak 98 orang, menggunakan teknik pengambilan sampel yaitu Simple Random Sampling dengan kuesioner sebagai pengumpulan data dan tingkat kesalahan 10% dengan taraf signifikansi 0,05. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis korelasi pearson product moment dengan bantuan program SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat korelasi antara pemahaman isu-isu politik terhadap sikap politik. Dalam penelitian ini terdapat tingkat pemahaman masyarakat Nagari Padang Laweh, Kecamatan Sungai Pua, Kabupaten Agam mencapai presentase 55%. Sedangkan tingkat sikap politik Nagari Padang Laweh, Kecamatan Sungai Pua, Kabupaten Agam mencapai presentase 57% yang berada pada kategori tinggi. Kemudian hasil uji hipotesis diperoleh nilai koefisien korelasi pearson sebesar 0.556 dengan taraf signifikansinya 0.000 &lt; 0.05, maka terdapat korelasi antara pemahaman isu-isu politik masyarakat Nagari Padang Laweh, Kecamatan Sungai Pua, Kabupaten Agam dengan tingkat hubungnnya sedang</em><em>.</em></p> 2024-03-31T03:30:24+00:00 Copyright (c) 2024 Journal of Education, Cultural and Politics https://jecco.ppj.unp.ac.id/index.php/jecco/article/view/272 Penanaman nilai-nilai toleransi pada peserta didik di Sekolah Dasar 2024-03-31T05:25:53+00:00 Dzilfikrirrasyid Dzilfikrirrasyid dzilfikrirrasyid7@gmail.com Junaidi Indrawadi junaidi.indra@fis.unp.ac.id Isnarmi Isnarmi isnarmi213@gmail.com Hasrul Hasrul hasrulpiliang1966@gmail.com <p><em>Peneliti ini dilakukan untuk mendeskripsikan penanaman nilai-nilai toleransi pada peserta didik di Sekolah Dasar Fransiskus Padang Panjang. Pelaksanaan penanaman nilai-nilai toleransi, kendala yang ditemukan guru serta upaya guru untuk mengatasi kendala tersebut dalam penanaman nilai-nilai toleransi pada peserta didik Sekolah Dasar Fransiskus Padang Panjang. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan cara observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Informan peneliti yaitu Kepala sekolah, Guru kelas, Guru Agama Islam, dan Orang tua peserta didik. Tahapan analisis data yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Pada tahapan validasi data menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa penanaman nilai-nilai toleransi pada peserta didik di Sekolah Dasar Fransiskus Padang Panjang, secara umum sudah terlaksana dengan seharusnya yaitu penanaman nilai keberagaman dan pembentukan karakter melalui proses pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dan Pendidikan Agama serta melalui kegiatan-kegiatan dan budaya sekolah. Dalam pelaksanaannya guru menemukan kendala yang disebabkan guru, peserta didik dan lingkungan keluarga. Dengan demikian dapat disimpulkan guru menjadi ujung tombak dalam membentuk karakter peserta didik sehingga memiliki sikap toleransi</em><em>.</em></p> 2024-03-31T03:27:41+00:00 Copyright (c) 2024 Journal of Education, Cultural and Politics https://jecco.ppj.unp.ac.id/index.php/jecco/article/view/413 Pemberdayaan kelompok usaha bersama mayarakat miskin dalam rangka pengentasan kemiskinan 2024-04-01T05:30:57+00:00 Putri Najmi Putrinajmii@gmail.com Maria Montessori mariamontessori@fis.unp.ac.id Fatmariza Fatmariza fatmariza@fis.unp.ac.id Nurman S nurmans@fis.unp.ac.id <p><em>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemberdayaan masyarakat miskin melalui KUBE di Kelurahan Sawahan Timur Kota Padang dan dampak KUBE terhadap kehidupan masyarakat miskin di daerah tersebut.</em><em> Metode yang digunakan dalam </em><em>penelitian ini adalah</em> <em>kualitatif</em><em> dengan pendekatan </em><em>deskriptif</em><em>. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Keabsahan data diuji dengan triangulasi sumber. Data yang telah diperoleh tersebut kemudian dianalisis dengan teknik analisis data yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil </em><em>penelitian tentang pelaksanaan pemberdayaan masyarakat miskin melalui KUBE yaitu dalam meningkatkan perekonomian Kube Sejahtera II tersebut melalui Dinas Sosial. Dampak KUBE terhadap kehidupan masyarakat miskin yaitu dengan bantuan yang diberikan dinas sosial kepada masyarakat untuk dimanfaatkan. Kemudian menghasilkan pendapatan yang meningkat yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari–hari baik berkaitan dengan sandang, pangan serta pendidikan untuk anak–anak mereka</em><em>.</em></p> 2024-04-01T05:27:38+00:00 Copyright (c) 2024 Journal of Education, Cultural and Politics