Problematika Guru PPKn dalam Merancang dan Memanfaatkan Media Pembelajaran di SMAN 1 Koto Balingka Kabupaten Pasaman Barat

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Hamami Hamami
Akmal Akmal

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya pemahaman guru PPKn dalam merancang dan juga memanfaatkan media pembelajaran. Hal ini dikarenakan kurangnya penguasaan teknologi informasi yang diberikan guru kepada siswa dan tidak tersedianya sarana teknologi informasi dan komunikasi di Sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tahap-tahap atau proses guru PPKn dalam merancang media pembelajaran di SMA N 1 Koto Balingka. Kemudian melihat bagaimana pemanfaatan media pembelajaran yang digunakan oleh guru PPKn, serta hambatan yang dialami oleh guru PPKn dalam merancang media pembelajaran di SMA N 1 Koto Balingka. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, yaitu menggambarkan apa yang menjadi problematika guru PPKn dalam merancang media pembelajaran di SMAN 1 Koto Balingka, Kabupaten Pasaman Barat. Data dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi dengan menggunakan instrumen lembar observasi dan pedoman wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Guru PPKn masih memiliki kesulitan dalam merancang media pembelajaran dan kurang memahami tahap-tahap atau proses dalam merancang media pembelajaran serta kurangnya pemahaman dalam pemanfaatan media pembelajaran di Sekolah.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Hamami, H., & Akmal, A. (2021). Problematika Guru PPKn dalam Merancang dan Memanfaatkan Media Pembelajaran di SMAN 1 Koto Balingka Kabupaten Pasaman Barat. Journal of Education, Cultural and Politics , 1(2), 57-62. https://doi.org/10.24036/jecco.v1i2.22