Archives
-
Thirteenth Edition
Vol. 5 No. 3 (2025) -
Twelfth Edition
Vol. 5 No. 2 (2025) -
Eleventh Edition
Vol. 5 No. 1 (2025) -
Tenth Edition
Vol. 4 No. 4 (2024) -
Ninth Edition
Vol. 4 No. 3 (2024) -
Eighth Edition
Vol. 4 No. 2 (2024) -
JECCO: Seventh Edition
Vol. 4 No. 1 (2024) -
JECCO: Sixth Edition
Vol. 3 No. 2 (2023) -
JECCO: Fifth Edition
Vol. 3 No. 1 (2023) -
JECCO: Fourth Edition
Vol. 2 No. 2 (2022)Memasuki edisi kedua dari Journal of Education, Cultural, and Politics Volume 2 Nomor 2 Tahun 2022 kembali menerbitkan sepuluh artikel dari para civitas akademika baik dosen, peneliti, maupun mahasiswa dari seluruh Indonesia. Artikel pertama ditulis oleh Yulia Almira, dkk dengan judul Upaya Meningkatkan Sikap Kepedulian Sosial Siswa di SMAN 1 Ranah Batahan. Kemudian disusul oleh tulisan dari Widyaliza Fitri Islamy, dkk yang mengkaji tentang Kemandirian Belajar Mahasiswa dalam Perkuliahan Daring pada Masa Pandemi Covid-19. Selanjutnya pada artikel ketiga ditulis oleh Parlina, dkk berjudul Pengelolaan Perkebunan Plasma Kelapa Sawit Oleh KUD Air Manis dalam Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Desa Sikapas Kabupaten Mandailing Natal. Kemudian pada artikel keempat merupakan hasil pemkiran Haliya, dkk dengan judul Pemilihan Badan Permusyawaratan Desa di Kabupaten Sarolangun Jambi. Menyusul sesudahnya merupakan hasil karya Fia Saharsalita, dkk yang menulis tentang Peran Forum Nagari dalam Pemberdayaan Masyarakat melalui Dana Corporate Social Responsibility PT Semen Padang. Pada artikel keenam ditulis oleh Zaickullah Syefrizal, dll yang mengangkat topik Penataan Pedagang Kaki Lima di Kawasan Jembatan Siti Nurbaya dalam Mewujudkan Fungsi Tata Ruang Kota di Kota Padang. Disusul oleh tulisan dari Intan Tri Sundari, dkk tentang Marketing Politik Pasangan Mahyeldi-Audy dalam Pemilihan Gubernur Sumatera Barat 2020 pada Masa Pandemi. Pada artikel kedelapan, Tri Yulia Arma, dkk menulis mengenai Sosialisasi Program BAZNAS untuk Meningkatkan Kesadaran Berzakat di Kabupaten Pesisir Selatan. Menyusul pada artikel ke Sembilan dari Rilla Suci Dafitri tentang Implementasi Program Merdeka Belajar melalui Profil Pelajar Pancasila di SMKN 1 Sijunjung. Sebagai edisi penutup pada tahun ini adalah artikel dari Fadli Nofratama yang cukup menarik yaitu meneliti tentang Kendala Keterlambatan Penyelesaian Studi Mahasiswa PPKn FIS Universitas Negeri Padang. Semoga seluruh artikel yang telah dipublikasikan dapat menambah khazanah keilmuwan dan menjadi rujukan untuk kajian-kajian selanjutnya khususnya di bidang pendidikan, budaya dan politik.
-
JECCO: Third Edition
Vol. 2 No. 1 (2022)Puji Syukur kami haturkan Kehadirat Allah SWT Tuhan Yang Maha Esa yang senantiasa melimpahkan rahmat dan karunia kepada hingga kami dapat menerbitkan artikel pada tahun kedua dari Journal of Education, Cultural, and Politics Volume 2 Nomor 1 Tahun 2022. Mengingat tingginya animo para akademisi untuk mempublikasikan artikelnya maka mulai tahun ini setiap edisi Jurnal JECCO akan berisi 10 (sepuluh) artikel dari civitas akademika baik dosen, peneliti, maupun mahasiswa dari seluruh Indonesia. Artikel pertama ditulis oleh Maria Montessori dan Junaidi Indrawadi dari yang berjudul Pelatihan Literasi Digital dalam Pembelajaran PPKn bagi Guru PPKn SMA. Kemudian pada tulisan kedua merupakan hasil penelitian Jimmy Novenaldi bersama Isnarmi yang meneliti tentang Kampung Sadar Donor Darah di Kurao Pagang Kota Padang. Kemudian pada artikel ketiga dengan judul Pengembangan Objek Wisata Danau Mas Harus Bastari di Kabupaten Rejang Lebong Bengkulu ditulis oleh Ayunita Triana dan Henni Muchtar. Pada artikel keempat ditulis oleh Dika Kurnia Sari dan Hasrul yang menulis tentang Persepsi Masyarakat tentang Implementasi Prinsip Tata Pemerintahan yang Baik dalam Pelayanan Pengurusan Dokumen di Kelurahan Sidomulyo Barat Kota Pekanbaru. Pada artikel kelima merupakan hasil penelitian Rara Suryani dengan Suryanef yang berjudul Program Pendidikan Politik oleh Partai Politik untuk Meningkatkan Partisipasi Masyarakat Menghadapi Pilkada 2020. Berikutnya ada artikel yang berjudul Tantangan Pembelajaran PPKn pada Masa Pandemi Covid-19 buah karya Amalia Pujia Ningsih dan Maria Montessori. Pada artikel ketujuh masih dengan tema pembelajaran yakni Implementasi Aspek Psikomotorik dalam Pembelajaran PPKn di SMAN 1 Bonjol Kabupaten Pasaman ditulis oleh Arnold Arone dan Ideal Putra. Menyusul dibawahnya hasil penelitian Ryan Prayandi Viano dan Junaidi Indrawadi dengan judul Peran Organisasi Kemahasiswaan UNP dalam Mewujudkan Netralitas Kampus pada Pemilu 2019. Selanjutnya pada artikel kesembilan ditulis oleh Cyntia Meranis bersama Nurman S dan Isnarmi yang meneliti tentang Tradisi Raba’akia di Bukit Air Manis Kota Padang. Sebagai penutup pada edisi kali ini merupakan artikel yang ditulis oleh Viotari Ayu Adeno bersama Hasrul dan Al Rafni dengan judul Persepsi Guru, Siswa dan Orang Tua Siswa SMPN 30 Padang tentang Pembelajaran Daring. Semoga seluruh artikel yang telah dipublikasikan dapat menambah khazanah keilmuwan dan menjadi rujukan untuk kajian-kajian selanjutnya khususnya di bidang pendidikan, budaya dan politik
-
JECCO: Second Edition
Vol. 1 No. 2 (2021)Puji Syukur serta dengan rasa bangga dan senang hati kami publikasikan edisi kedua dari Journal of Education, Cultural and Politics (JECCO). Pada edisi kali ini kami juga menerbitkan sepuluh artikel sebagai lanjutan dari nomor sebelumnya yang berasal para peneliti dan penulis di bidang Pendidikan, politik dan budaya sesuai dengan Focus and Scope JECCO. Artikel pertama ditulis oleh Melani Elfitri dan Suryanef dengan judul Upaya Peningkatan Partisipasi Politik Masyarakat oleh Relawan Demokrasi Basis Warganet pada Pemilu Serentak 2019 di Kota Padang. Selanjutnya diikuti oleh artikel yang ditulis oleh Erma Santia dan Junaidi Indrawadi yang membahas tentang Peran guru PPKn dalam Mengembangkan Sikap Tanggung Jawab Siswa. Artikel ketiga dengan judul Problematika Guru PPKn dalam Merancang dan Memanfaatkan Media Pembelajaran di SMAN 1 Koto Balingka Kabupaten Pasaman Barat ditulis oleh Hamami dan Akmal. Kemudian artikel keempat merupakan hasil riset Namira Febriana dan Fatmariza yang mengkaji tentang Perilaku Masyarakat dalam Menerapkan Protokol Kesehatan Covid-19 di Kelurahan Tangkerang Barat Kota Pekanbaru. Kemudian pada urutan kelima dari edisi ini merupakan artikel yang ditulis oleh Nadya Pradiva Fibra dan Junaidi Indrawadi dengan judul Kendala-Kendala dalam Penyusunan dan Pelaksanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Program Merdeka Belajar (Studi pada Guru PPKn di SMA Negeri 1 Gunung Talang). Artikel Keenam ditulis oleh Alfino Muliadi yang mengangkat topik Dampak fenomena Game Online di kalangan remaja usia sekolah. Selanjutnya pada artikel ketujuh ditulis olhe Debi Debora yang mengkaji tentang dampak perempuan perokok terhadap perilaku anak. Artikel Kedelapan ditulis oleh Danang Pambudi dengan judul Implementasi Program Pembinaan Kesejahteraan masyarakat suku terasing di Propinsi Jambi. Selanjutnya pada artikel kesembilan ditulis oleh Danil Triandika yang mengkaji tentang Presensi tokoh masyarakat dalam meningkatkan moral remaja. Akhirnya pada artikel kesepulun merupakan karangan Tika Rosmadini yang mengangkat judul Pengembangan Bahan Ajar mata pelajaran PPKn yang berbasis discovery learning. Semoga artikel-artikel ini dapat menjadi rujukan dan memberikan sumbangsih pemikiran khususnya di bidang kependidikan, budaya dan politik bagi seluruh peneliti maupun penulis dari seluruh Indonesia. Terimakasih
-
JECCO: First Edition
Vol. 1 No. 1 (2021)Dengan bangga dan senang hati kami publikasikan edisi pertama dari Journal of Education, Cultural and Politics. Pada edisi perdana ini akan diterbitkan lima artikel dari para peneliti dan penulis di bidang pendidikan dan budaya. Artikel pertama ditulis oleh Inge Adrian dengan judul Implementasi Kompetensi Pedagogik Guru dalam Perencanaan Pembelajaran PKn di SMAN 1 Lubuk Sikaping. Selanjutnya diikuti oleh artikel yang ditulis oleh Tika Nofalia yang membahas tentang Stigma Negatif terhadap Pengguna Cadar dikalangan Mahasiswi Universitas Negeri Padang. Artikel ketiga dengan judul Manfaat Sosial Bank Sampah di Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang ditulis oleh Emilia Ramadani. Kemudian artikel keempat merupakan hasil riset Siska Yulia Putri yang mengkaji tentang Persepsi Mahasiswa terhadap Penerapan Konten Mata Kuliah Microteaching dalam Pelaksanaan Program Praktek Lapangan Kependidikan. Terakhir sebagai penutup pada edisi kali ini merupakan artikel yang ditulis oleh Sri fifin Silfana dengan judul Persepsi Wali Murid SMPN 18 Padang terhadap Pelaksanaan Kebijakan Sistem Zonasi dalam PPDB. Semoga artikel-artikel ini dapat memberikan sumbangsih pemikiran khususnya dibidang kependidikan, budaya dan politik bagi seluruh masyarakat. Terimakasih