Puji Syukur kami haturkan Kehadirat Allah SWT Tuhan Yang Maha Esa yang senantiasa melimpahkan rahmat dan karunia kepada hingga kami dapat menerbitkan artikel pada tahun kedua dari Journal of Education, Cultural, and Politics Volume 2 Nomor 1 Tahun 2022. Mengingat tingginya animo para akademisi untuk mempublikasikan artikelnya maka mulai tahun ini setiap edisi Jurnal JECCO akan berisi 10 (sepuluh) artikel dari civitas akademika baik dosen, peneliti, maupun mahasiswa dari seluruh Indonesia. Artikel pertama ditulis oleh Maria Montessori dan Junaidi Indrawadi dari yang berjudul Pelatihan Literasi Digital dalam Pembelajaran PPKn bagi Guru PPKn SMA. Kemudian pada tulisan kedua merupakan hasil penelitian Jimmy Novenaldi bersama Isnarmi yang meneliti tentang  Kampung Sadar Donor Darah di Kurao Pagang Kota Padang. Kemudian pada artikel ketiga dengan judul Pengembangan Objek Wisata Danau Mas Harus Bastari di Kabupaten Rejang Lebong Bengkulu ditulis oleh Ayunita Triana dan Henni Muchtar. Pada artikel keempat ditulis oleh Dika Kurnia Sari dan Hasrul yang menulis tentang Persepsi Masyarakat tentang Implementasi Prinsip Tata Pemerintahan yang Baik dalam Pelayanan Pengurusan Dokumen di Kelurahan Sidomulyo Barat Kota Pekanbaru. Pada artikel kelima merupakan hasil penelitian Rara Suryani dengan Suryanef yang berjudul Program Pendidikan Politik oleh Partai Politik untuk Meningkatkan Partisipasi Masyarakat Menghadapi Pilkada 2020. Berikutnya ada artikel yang berjudul Tantangan Pembelajaran PPKn pada Masa Pandemi Covid-19 buah karya Amalia Pujia Ningsih dan Maria Montessori. Pada artikel ketujuh masih dengan tema pembelajaran yakni Implementasi Aspek Psikomotorik dalam Pembelajaran PPKn di SMAN 1 Bonjol Kabupaten Pasaman ditulis oleh Arnold Arone dan Ideal Putra. Menyusul dibawahnya hasil penelitian Ryan Prayandi Viano dan Junaidi Indrawadi dengan judul Peran Organisasi Kemahasiswaan  UNP dalam Mewujudkan Netralitas Kampus pada Pemilu 2019. Selanjutnya pada artikel kesembilan ditulis oleh Cyntia Meranis bersama Nurman S dan Isnarmi yang meneliti tentang Tradisi Raba’akia di Bukit Air Manis Kota Padang. Sebagai penutup pada edisi kali ini merupakan artikel yang ditulis oleh Viotari Ayu Adeno bersama Hasrul dan Al Rafni dengan judul Persepsi Guru, Siswa dan Orang Tua Siswa SMPN 30 Padang tentang Pembelajaran Daring. Semoga seluruh artikel yang telah dipublikasikan dapat menambah khazanah keilmuwan dan menjadi rujukan untuk kajian-kajian selanjutnya khususnya di bidang pendidikan, budaya dan politik

Published: 2022-03-13

Pelatihan Literasi Digital dalam Pembelajaran PPKn bagi Guru PPKn SMA

Maria Montessori, Junaidi Indrawadi, Monica Tiara

1-10

Tradisi Raba’akia di Bukit Air Manis Kota Padang

Cyntia Meranis, Nurman S, Isnarmi Isnarmi

80-87