Persepsi Guru, Siswa dan Orang Tua Siswa di SMP Negeri 30 Padang Tentang Pembelajaran Daring

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Viotari Ayu Adeno
Hasrul Hasrul
Al Rafni

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi guru, siswa, dan orang tua siswa di SMP Negeri 30 Padang tentang pelaksanaan pembelajaran daring. Pembelajaran daring dilaksanakan karena terjadinya pandemi Covid-19 yang menyebabkan pelaksanaan pembelajaran dilakukan dari rumah tanpa harus ke sekolah. Pelaksanaan pembelajaran daring merupakan suatu hal yang baru dilakukan oleh guru, siswa, dan orang tua siswa di SMP Negeri 30 Padang dalam melaksanakan pembelajaran. Urgensi penelitian ini yaitu dapat dijadikan acuan dan pedoman untuk membantu guru, siswa, dan orang tua siswa dalam pelaksanaan pembelajaran daring yang lebih baik. Metodologi penelitian yang digunakan yaitu jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif dengan desain studi kasus. Hasil penelitian yang peneliti dapat yaitu bagi guru pada pelaksanaan pembelajaran daring merasa kesulitan untuk menyampaikan materi dengan baik serta sulit menanamkan pendidikan karakter pada siswa. Sementara bagi siswa pada pelaksanaan pembelajaran daring mereka kerap merasa bosan sehingga kesulitan memahami materi yang disampaikan guru. Kemudian bagi orang tua siswa pelaksanaan pembelajaran daring justru membuat mereka kesulitan karena harus membagi waktu antara mendampingi anak dan pekerjaan. Maka kesimpulan yang didapatkan yaitu guru, siswa, dan orang tua siswa merasa kesulitan dalam pelaksanaan pembelajaran daring dengan berbagai persepsi.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Adeno, V. A., Hasrul, H., & Rafni, A. (2022). Persepsi Guru, Siswa dan Orang Tua Siswa di SMP Negeri 30 Padang Tentang Pembelajaran Daring. Journal of Education, Cultural and Politics , 2(1), 88-97. https://doi.org/10.24036/jecco.v2i1.48

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>