Implementasi hak pendidikan bagi anak putus sekolah melalui program kesetaraan

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Ali Muhammad Budiman
Yusnanik Bakhtiar
Hasrul Hasrul
Henni Muchtar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi hak pendidikan bagi anak putus sekolah, pelaksanaan program pendidikan kesetaraan di PKBM Pelita Hati, dan faktor penghambat dalam menjalankan program pendidikan kesetaraan di Kecamatan Lembang Jaya, Kabupaten Solok. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif dengan mengguakan metode deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara mendalam, serta dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Selain itu, Pengujian keabsahan data dalam penelitian ini meliputi triangulasi sumber Data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi hak pendidikan bagi anak putus sekolah di Kecamatan Lembang Jaya telah berjalan dengan cukup baik melalui program pendidikan kesetaraan kejar paket A setara SD, paket B setara SMP, dan paket C setara SMA. Selain itu, PKBM Pelita Hati juga menyediakan program keterampilan seperti menjahit, komputer, dan make-up artis. Program-program ini memberikan kesempatan kepada anak-anak yang tidak dapat melanjutkan pendidikan formal untuk tetap mendapatkan pendidikan yang layak dan setara. Namun, terdapat beberapa faktor penghambat dalam pelaksanaan program ini, seperti keterbatasan fasilitas, kualitas pengajaran, dan motivasi belajar peserta didik.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Muhammad Budiman, A., Bakhtiar, Y., Hasrul, H., & Muchtar, H. (2024). Implementasi hak pendidikan bagi anak putus sekolah melalui program kesetaraan. Journal of Education, Cultural and Politics , 4(3), 693-700. https://doi.org/10.24036/jecco.v4i3.567

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 > >>