Pembinaan karakter siswa perempuan melalui kegiatan ekstrakurikuler Forum Annisa di tingkat Sekolah Menengah Pertama

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Winda Arjulita
Yusnanik Bakhtiar
Maria Montessori
Junaidi Indrawadi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan kegiatan Forum Annisa, kendala-kendala dalam pembinaan karakter siswa perempuan dan upaya sekolah dalam mengatasi kendala pada kegiatan ekstrakurikuler Forum Annisa di SMP Negeri 30 Padang. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Penentuan informan menggunakan teknik purposive sampling. Jenis data ada dua yaitu data primer dan data sekunder yang diperoleh melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Uji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi. Kemudian teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data, verifikasi data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 30 Padang karena banyak siswa perempuan yang mengikuti kegiatan Forum Annisa sehingga menjadi perhatian kepala sekolah dan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Forum Annisa berperan dalam membina karakter siswa perempuan yaitu karakter religius dan karakter disiplin. Siswa merasakan dan mengalami perubahan sikap kearah yang lebih baik. Adapun kendala-kendala dalam pembinaan karakter siswa perempuan melalui kegiatan eksrtakurikuler Forum Annisa yaitu sanksi yang kurang tegas untuk siswa perempuan yang tidak mengikuti kegiatan dan kurang disiplin dalam memulai kegiatan. Upaya sekolah untuk mengatasi kendala-kendala tersebut yaitu memberikan sanksi yang tegas kepada siswa perempuan yang tidak mengikuti kegiatan ekstrakurikuler Forum Annisa dan pembina lebih disiplin dalam memulai kegiatan ekstrakurikuler tersebut.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Arjulita, W., Bakhtiar, Y., Montessori, M., & Indrawadi, J. (2023). Pembinaan karakter siswa perempuan melalui kegiatan ekstrakurikuler Forum Annisa di tingkat Sekolah Menengah Pertama. Journal of Education, Cultural and Politics , 3(1), 163-171. https://doi.org/10.24036/jecco.v3i1.186

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>