Persepsi Masyarakat tentang Implementasi Prinsip Tata Pemerintahan yang Baik dalam Pelayanan Pengurusan Dokumen di Kelurahan Sidomulyo Barat Pekanbaru
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan tipe penelitian survey deskriptif dan teknik accidental sampling. Instrument penelitian dengan cara menyebar angket kuisioner dan wawancara sebagai pendukung. Hasil penelitian ini menunjukkan indikator akuntabilitas yang sudah baik berada pada kategori Baik sebanyak 16 orang dengan presentase 51%, kategori Cukup Baik sebanyak 13 orang dengan presentase 41%, dan Kurang Baik sebanyak 2 orang atau setara 8%, hanya saja masih ada kurangnya kedisplinan pegawai. Sementara indikator aturan hukum berada pada kategori Baik sebanyak 13 orang responden dengan presentase 42%, kategori Cukup Baik sebanyak 15 orang dengan presentase 47%, dan Kurang Baik sebanyak 3 orang atau setara 11%. Untuk indikator partisipasi pada kategori Baik sebanyak 12 orang responden dengan presentase 39%, kategori Cukup Baik sebanyak 15 orang dengan presentase 48%, dan Kurang Baik sebanyak 4 orang atau setara 13% sehingga masih kurangnya keberanian masyarakat dalam memberikan tanggapan atau keluhan. Indikator transparansi pada kategori Baik sebanyak 13 orang responden dengan presentase 42%, kategori Cukup Baik sebanyak 17 orang dengan presentase 53%, dan Kurang Baik sebanyak 1 orang atau setara 5% ditemukan lemahnya keterbukaan atas penyediaan informasi yang disebabkan karena fasilitas pendukung yakni alur SOP, papan informasi dan ketepatan pengerjaan pengurusan pelayanan. Untuk indikator efisiensi pada kategori Baik sebanyak 12 orang responden dengan presentase 38%, kategori Cukup Baik sebanyak 16 orang dengan presentase 52%, dan Kurang Baik sebanyak 3 orang atau setara 10% serta masih adanya kekurangan yakni kurangnya kemudahan dalam pengurusan.