Implementasi Aspek Psikomotorik dalam Pembelajaran PPKn di SMA Negeri 1 Bonjol Kabupaten Pasaman

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Arnol Arone
Ideal Putra

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan implementasi aspek psikomotorik pada pembelajaran PPKn, mendeskripsikan faktor pendukung yang mempengaruhi proses belajar siswa, dan mendeskripsikan upaya guru dalam mengimplementasikan aspek psikomotorik pada proses pembelajaran PPKn.  Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian ini dilakukan di kelas XI IPS 1 SMAN 1 Bonjol. Informan dalam penelitian ini diambil secara purposive sampling terdiri dari kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, guru PPKn, dan 5 orang siswa  sebagai informan kunci. Kemudian data yang telah terkumpul akan diadakan penganalisaan dengan pendekatan kualitatif deskriptif untuk mengetahui pelaksanaan aspek psikomotorik siswa pada proses pembelajaran PPKn. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi aspek  psikomotorik dalam pembelajaran PPKn di kelas XI IPS 1 SMA N 1 Bonjol meliputi melaksanakan, menerapkan, menanggapi, dan mengkomunikasikan diperoleh bahwa secara umum sudah berjalan dengan baik. Adapun faktor pendukung dalam implementasi aspek psikomotorik dalam pembelajaran PPKn di kelas XI IPS 1 diantaranya iklim belajar yang kondusif, adanya kesiapan guru dalam pembelajaran. Selanjutnya upaya yang dilakukan guru dalam meningkatkan aspek psikomotorik dalam pembelajaran PPKn di kelas XI IPS 1 SMA N 1 Bonjol yaitu dengan memberikan penjelasan bahwa mencatat itu penting, guru memposisikan diri sebagai sosok yang diteladani, memberikan kebebasan kepada siswa untuk menyampaikan pandangannya.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Arone, A., & Putra, I. (2022). Implementasi Aspek Psikomotorik dalam Pembelajaran PPKn di SMA Negeri 1 Bonjol Kabupaten Pasaman. Journal of Education, Cultural and Politics , 2(1), 61-69. https://doi.org/10.24036/jecco.v2i1.43

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>