Dampak fenomena game online terhadap remaja usia sekolah

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Alfino Muliadi
Ideal Putra
Hasrul Hasrul
Henni Muchtar

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengidentifikasikan dan mendeskripsikan dampak dari fenomena game online terhadap remaja usia sekolah pada aspek moral, sosial dan pendidikan dan untuk upaya dalam mengatasi fenomena game online pada remaja usia sekolah di Nagari Bawan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Informan ditentukan dengan metode purposive sampling. jenis data dan sumber data yang digunakan data primer dan data sekunder, instrumen penelitian wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan menggukan teknik triangulasi kemudian analisis data dengan reduksi data, penyajian data dengan teks naratif menggunakan teori Milles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa game online berdampak negatif bagi kalangan remaja. Dampak negatif ini dilihat dari beberapa aspek seperti moral, terjadinya penurunan keasadaran moral serta perubahan pada perilaku dan para remaja menjadi tidak bisa membedakan mana pilihan yang baik atau buruk untuk dirinya sendiri. Pada aspek sosial berdampak terhadap interaksi sosial remaja yang cendrung menutupi diri dengan keluarga dan temannya sehingga komunikasi, sikap, dan tingkah laku kelompok tidak berjalan dengan baik dalam lingkungan masyarakat. Serta aspek pendidikan terjadinya penurunan motivasi belajar pada remaja. Upaya mengatasi fenomena game online dilakukan dengan cara preventif dan represif yang melibatkan keluarga, sekolah dan masyarakat ikut berperan dalam mengatasi dampak fenomena game online terhadap remaja usia sekolah.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Muliadi, A., Putra, I., Hasrul, H., & Muchtar, H. (2023). Dampak fenomena game online terhadap remaja usia sekolah. Journal of Education, Cultural and Politics , 1(2), 77-83. https://doi.org/10.24036/jecco.v1i2.203

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>