Tantangan Pembelajaran PPKn pada Masa Pandemi Covid-19 Studi Kasus Kelas VIIIA SMPN 22 Kerinci Section Articles
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tantangan pembelajaran PPKn pada masa pandemi Covid-19 di kelas VIIIA SMPN 22 Kerinci. Dalam aktivitas pembelajaran PPKn secara daring terkadang menimbulkan berbagai masalah bagi siswa, seperti kurangnya bimbingan guru menjadi kendala utama dalam pembelajaran jarak jauh yang dilakukan selama masa pandemi Covid-19. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Penelitian dilakukan di SMPN 22 Kerinci yang berada di desa Sungai Pegeh Kecamatan Siulak Kabupaten Kerinci. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan proses pembelajaran ada 3 hal yang harus dipersiapkan yaitu: perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran (aplikasi yang digunakan, proses pembelajaran, dan penugasan), dan evaluasi pembelajaran. Sementara itu, kendala yang dihadapi adalah jaringan internet yang tidak stabil, kurangnya sarana dan prasarana, kurangnya kreativitas guru menyampaikan materi, dan siswa kurang mendapat pengawasan atau dampingan dari orangtua.