Pemanfaatan sumber belajar digital dalam Pembelajaran PPKn

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Hesti Ajeng Irani
Azwar Ananda
Maria Montessori
Junaidi Indrawadi

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh berbagai permasalahan yang dihadapi guru dan siswa dalam pemanfaatan sumber belajar digital dalam pembelajaran PPkn di SMAN 7 Padang. Dalam penggunaan sumber belajar digital dalam pembelajaran PPKn di SMAN 7 padang ditemukan beberapa permasalahan yang menarik untuk diteliti. Tujuan dari penelitian ini yaitu, pertama, untuk mendeskripsikan bagaimana pemanfaatan sumber belajar digital oleh guru dan siswa dalam proses belajar mengajar. Kedua, untuk mengidentifikasi kendala yang dihadapi guru dan siswa dalam pemanfaatan sumber belajar digital. ketiga, untuk mendeskripsikan upaya yang dilakukan guru dan siswa dalam menghadapi kendala yang ditemukan. Jenis penelitian yang digunakan adalah mixed method (metode kualitatif dan metode kuantitatif) yang berlokasi di SMAN 7 Padang. Adapun informan dalam penelitian ini ditentukan secara purposive sampling, diantaranya adalah wakil kepala sekolah bidang kurikulum, guru PPKn, siswa kelas X, XI, dan XII. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara, studi dokumentasi dan angket. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan pemanfaatan sumber belajar digital dalam pembelajaran PPKn di SMAN 7 Padang sudah terlaksana dengan baik namun belum maksimal.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Ajeng Irani, H., Ananda, A., Montessori, M., & Indrawadi, J. (2024). Pemanfaatan sumber belajar digital dalam Pembelajaran PPKn. Journal of Education, Cultural and Politics , 4(1), 19-27. https://doi.org/10.24036/jecco.v4i1.391

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>