Implementasi Asesmen Formatif pada pembelajaran PPKn berdasarkan Kurikulum Merdeka

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Muhammad Irvan Yasman
Maria Montessori
Azwar Ananda
Fatmariza Fatmariza

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi asesemen formatif pada pembelajaran PPKn berdasarkan kurikulum merdeka di SMA Negeri 1 Salimpaung. Pendekatan yang digunakan adalah melalui pendekatan kualitatif deskriptif. Data diperoleh melalui teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu berdasarkan tahap analisis data penelitian kualitatif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan membuat Kesimpulan. Hasil penelitian ini diperoleh Asessmen formatif yang diterapkan di SMA Negeri 1 Salimpaung yaitu pada awal pembelajaran diberikan soal pre-test, pada saat pembelajaran berlangsung diberikan pertanyaan pemantik, tanya jawab, penilaian berupa penugasan dan presentasi, dan setelah proses pembelajaran diadakan post-test. Kendala yang dirasakan guru yaitu siswa kesulitan mengerjakan soal yang diberikan, keterbatasan waktu pada saat proses pembelajaran berlangsung, dan keterbatasan waktu guru untuk membuat instrumen asesmen formatif. Upaya yang bisa dilakukan yaitu guru dan siswa bisa memperluas wawasannya terhadap tes formatif yang berkembang saat ini melalui penggunaan internet dan lain-lain.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Irvan Yasman, M., Montessori, M., Ananda, A., & Fatmariza, F. (2025). Implementasi Asesmen Formatif pada pembelajaran PPKn berdasarkan Kurikulum Merdeka . Journal of Education, Cultural and Politics , 5(1), 116-124. https://doi.org/10.24036/jecco.v5i1.593

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >>