Marketing Politik Pasangan Mahyeldi-Audy dalam Pemilihan Gubernur Sumatera Barat 2020 pada Masa Pandemi
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Penelitian ini membahas tentang terobosan marketing politik yang dilakukan tim sukses pasangan Mahyeldi-Audy dalam menghadapi Pilgub 2020 di tengah Pandemi Covid-19 serta faktor pendukung dan penghambat marketing politik pasangan Mahyeldi-Audy. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Pemilihan informan penelitian dilakukan dengan teknik purposive sampling. Jenis datanya adalah data primer dan data sekunder yang dikumpulkan melalui wawancara dan studi dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi sumber dan mengadakan member check. Analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan terdapat empat elemen utama dalam marketing politik yang dilakukan tim sukses pasangan Mahyeldi-Audy dalam Pilgub Sumbar 2020 diantaranya, pemanfaatan produk (product), promosi (promotion), harga (price), dan tempat (place). Selanjutnya terdapat faktor pendukung yaitu elektabilitas PKS sebagai salah satu partai pengusung pasangan Mahyeldi-Audy yang unggul, tim sukses dan partai pengusung yang sangat solid, serta popularitas dan track record pasangan Mahyeldi-Audy yang banyak disukai oleh masyarakat pemilih. Selain itu terdapat faktor penghambat yaitu adanya Pandemi Covid-19 yang menyebabkan batasan dalam mengumpulkan massa, terbatas dengan aturan-aturan selama Pandemi Covid-19, penerapan aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar, adanya pembatasan peserta dan pengaturan penjadwalan kampanye, serta keterbatasan waktu yang membuat beberapa titik belum sempat untuk didatangi oleh pasangan Mahyeldi-Audy beserta tim suksesnya.