Penggunaan metode syteamama untuk meningkatkan hasil belajar PPKn peserta didik kelas XII IPS1 SMAN 2 Batusangkar
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memecahkan masalah rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di kelas XII IPS1 SMA Negeri 2 Batusangkar. Salah satu faktor penyebabnya adalah pembelajaran yang sebagian masih bersifat konvensional yaitu ceramah dengan kata lain pembelajaran masih terpusat pada pendidik ( Teacher Centered ). Jenis penelitian ini adalah ini adalah Penelitian Tindakan Kelas ( Class action research ). Penelitian dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kwantitatif . Prosedur penelitian terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi yang dilakukan dengan 2 siklus dalam 2 kali pertemuan dengan materi pembelajaran “Pelindungan Dan Penegakan Hukum Dalam Masyarakat Untuk Menjamin Keadilan Dan Kedamaian “. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XII IPS1 SMA Negeri 2 Batusangkar Tahun Pelajaran 2021/ 2022 semester I dengan jumlah 36 orang. Data penelitan di peroleh dari hasil tes awal, Tes siklus I dan Tes siklus II serta aktivitas guru dan peserta didik dengan lembaran obsevasi. Hasil penelitian membuktikan bahwa pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan pada tes awal dengan rata-rata 69,58 .Setelah menggunakan metode Syteamama hasil pembelajaran pada siklus I memproleh rata-rata 79,78 dan hasil siklus ke II meningkat menjadi 89,94. Dari analisis penelitian dapat disimpulkan dengan metode Syteamama dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik XII IPS1 SMA Negeri 2 Batusangkar.