Pemanfaatan media online pada generasi Z dalam penyelesaian tugas mata pelajaran PPKn
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pemanfaatan media online, dampak positif serta negatif pemanfaatan media online pada Generasi Z dalam penyelesaian tugas mata pelajaran PPKn di MTsN 6 Kota Padang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi untuk memperoleh pemahaman secara mendalam terkait fenomena media online melalui sudut pandang informan. Informan dalam penelitian ini dipilih melalui purposive sampling. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan metode triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pemanfaatan media online dilakukan dengan memanfaatkan Google sebagai sumber belajar dengan website Google seperti brainly dan Google images dalam menyelesaikan tugas kliping. Media sosial Whatsapp sebagai tempat menerima informasi mengenai penyelesaian tugas kliping melalui grup yang telah dibentuk oleh guru. Dampak positif pemanfaatan media online pada Generasi Z yaitu, dengan mudahnya siswa berkomunikasi, mengakses infromasi terkait penyelesaian tugas, dan mampu menambah pemahaman siswa terkait materi. Siswa terpengaruh terhadap media hiburan seperti game dan media lainnya mengakibatkan siswa kecanduan, dan tidak bertanggung jawab pada penyelesaian tugas.