Persepsi guru PPKn dalam pembentukan karakter siswa

Authors

  • Rena Nur Halisah Saputri Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Wibowo Heru Prasetiyo Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.24036/jecco.v4i1.474

Keywords:

persepsi, karakter, kurikulum merdeka, profil pelajar Pancasila, merdeka belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi guru PPKn dalam pembentukan karakter siswa melalui implementasi Kurikulum Merdeka di SMK Muhammadiyah 2 Sragen. Studi ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif untuk dapat menggambarkan pelaksanaan Kurikulum Merdeka dan persepsi para guru PPKn. Para informan dipilih secara purposive sampling, meliputi guru PPKn, waka kurikulum, dan siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi yang kemudian hasil dianalisis secara interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SMK Muhammadiyah 2 Sragen sudah menerapkan Kurikulum Merdeka selama kurang lebih 2 tahun yang mendapatkan dukungan dari semua warga sekolah. Dalam implementasinya, Kurikulum Merdeka berorientasi pada pengembangan pendidikan karakter, Profil Pelajar Pancasila, dan Merdeka Belajar.

Downloads

Published

2024-03-21

How to Cite

Rena Nur Halisah Saputri, & Wibowo Heru Prasetiyo. (2024). Persepsi guru PPKn dalam pembentukan karakter siswa. Journal of Education, Cultural and Politics , 4(1), 112–124. https://doi.org/10.24036/jecco.v4i1.474