Meningkatkan motivasi belajar siswa melalui metode word square pada PPKn Kelas VIII

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Ilham Hudi
Riduan Ali
Anggi Subianto
Artia Theresia Ambarita
Oktamia Anggraini Putri
Razali Razali
Tami Fitri Rahmadhani

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis motivasi belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dengan penerapan metode pembelajaran kooperatif model word square pada siswa kelas VIII.1 di SMPN 44 Pekanbaru. Penelitian ini termasuk dalam kategori Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan motivasi siswa. Dalam penelitian ini, teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan angket, yang memungkinkan peneliti untuk mendapatkan informasi yang komprehensif mengenai motivasi belajar siswa. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara deskriptif kuantitatif, dengan menggunakan persentase (%) untuk menggambarkan hasilnya secara jelas dan sistematis. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam motivasi belajar siswa. Pada siklus pertama, skor rata-rata motivasi siswa tercatat sebesar 80, yang termasuk dalam kategori tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa metode pembelajaran yang diterapkan sudah memberikan dampak positif. Selanjutnya, pada siklus kedua, skor rata-rata meningkat menjadi 82.5, yang masuk dalam kategori sangat tinggi. Temuan ini menunjukkan efektivitas metode pembelajaran kooperatif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa, serta memberikan gambaran bahwa pendekatan yang inovatif dapat berkontribusi pada peningkatan hasil belajar di kelas.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Hudi, I., Ali, R., Subianto, A., Ambarita, A. T., Putri, O. A., Razali, R., & Rahmadhani, T. F. (2025). Meningkatkan motivasi belajar siswa melalui metode word square pada PPKn Kelas VIII. Journal of Education, Cultural and Politics , 5(2), 328-337. https://doi.org/10.24036/jecco.v5i2.745