Penerapan pembelajaran adaptif berbasis kecerdasan buatan
Keywords:
pembelajaran adaptif, kecerdasan buatan, pendidikan kejuruan, pedagogi digital, ChatGPTAbstract
Integrasi Kecerdasan Buatan (AI) ke dalam pendidikan menandai pergeseran paradigma dalam pembelajaran, menciptakan lingkungan pembelajaran adaptif yang menyesuaikan dengan kebutuhan individu siswa. Studi ini mengeksplorasi implementasi pembelajaran adaptif berbasis AI di SMKN 1 Baso, Sumatera Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan campuran (mixed-methods) dengan desain konvergen paralel. Data kuantitatif dikumpulkan dari 30 siswa menggunakan kuesioner skala Likert 5 poin, sementara data kualitatif diperoleh melalui wawancara dengan empat guru dan pengamatan di kelas. Temuan menunjukkan bahwa 70% siswa memahami konsep pembelajaran adaptif berbasis AI, dan 100% guru telah menggunakan alat AI seperti ChatGPT, Canva AI, dan Quizizz untuk desain instruksional dan penilaian. Pembahasan: Studi ini menyimpulkan bahwa pembelajaran adaptif berbasis AI meningkatkan efisiensi dan keterlibatan belajar ketika didukung oleh infrastruktur yang memadai dan pelatihan profesional berkelanjutan. Sekolah didorong untuk mengintegrasikan AI secara sistematis untuk memastikan transformasi digital jangka panjang.
References
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta, 2020.
Chen, X., H. Xie, and Y. Zou. “Artificial Intelligence in Education: A Review.” Computers & Education 160 (2020): 104024.
Creswell, John W., and Vicki L. Plano Clark. Designing and Conducting Mixed Methods Research. Thousand Oaks: SAGE Publications, 2018.
“Data Profil SMKN 1 Baso.” Agam, Sumatera Barat, 2024.
Holmes, Wayne, Maya Bialik, and Charles Fadel. Artificial Intelligence in Education. Boston: Center for Curriculum Redesign, 2019.
Kasneci, Enkelejda, Grzegorz Lipko, and Anja Henschel. “ChatGPT for Good? On Opportunities and Challenges of Large Language Models for Education.” Learning and Instruction 81 (2023): 101–21.
Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2021.
Nazir, M. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia, 2014.
“Observasi Kelas SMKN 1 Baso.” Agam, Sumatera Barat, March 2025.
Park, Yuhyun. “The Future of Adaptive Learning and AI.” International Journal of Educational Technology 14, no. 2 (2020): 88–90.
Piaget, Jean. The Theory of Cognitive Development. New York: Basic Books, 1970.
Raharjo, Eko. “Digital Readiness of Teachers in Vocational Education.” Jurnal Pendidikan Vokasi 11, no. 1 (2022): 15–23.
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2021.
Tashakkori, Abbas, and Charles Teddlie. Mixed Methodology: Combining Qualitative and Quantitative Approaches. Thousand Oaks: SAGE Publications, 2010.
UNESCO. Artificial Intelligence in Education: Challenges and Opportunities. Paris: UNESCO Publishing, 2021.
Venkatesh, V., M. G. Morris, G. B. Davis, and F. D. Davis. “User Acceptance of Information Technology: Toward a Unified View.” MIS Quarterly 27, no. 3 (2003): 425–78.
Venkatesh, Viswanath, and Fred D. Davis. “A Theoretical Extension of the Technology Acceptance Model.” Management Science 45, no. 2 (2003): 186–204.
