Upaya keterlibatan orang tua dalam mengimplementasikan 7 Kebiasaan Anak Indonesia Hebat pada era globalisasi
Keywords:
7 kebiasaan anak Indonesia hebat, era globalisasiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Upaya yang dilakukan dan keterlibatan orang tua dalam mengimplementasikan 7 Kebiasaan Anak Indonesia Hebat di era globalisasi di SDN 2 Cilayang. Keterlibatan orang tua menjadi aspek yang sangat penting dalam membentuk karakter dan kebiasaan positif pada anak, dalam menghadapi tantangan global yang menuntut generasi muda agar memiliki karakter kuat, mandiri, dan berintegritas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi yang melibatkan guru, siswa, serta orang tua. Hasil penelitian menunjukkan keterlibatan orang tua diwujudkan melalui berbagai aspek, seperti pendampingan belajar yang dilakukan di rumah, penerapan kebiasaan yang baik dalam kehidupan sehari-hari, serta partisipasi aktif dalam kegiatan sekolah yang mendukung program karakter pada siswa. Selain itu, pihak sekolah juga melakukan sosialisasi dan kerja sama berkelanjutan dengan orang tua untuk memastikan nilai-nilai 7 Kebiasaan Anak Indonesia Hebat dapat tertanam secara konsisten di lingkungan keluarga. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa sinergi antara sekolah dan keluarga memiliki peran yang signifikan dalam membentuk karakter anak yang tangguh dan berdaya saing di era globalisasi.
References
Amin, A. (2023). Sikap remaja dalam prinsip-prinsip komunikasi Islam terhadap orang tua di Desa Jaharun Kecamatan Galang. Da’watuna: Journal of Communication and Islamic Broadcasting, 3(4), 1463–1471. https://doi.org/10.47467/dawatuna.v3i4.3210
Annisak, A., Adelina, A., Sary, D. P., Fitria, D., & Noviani, D. (2023). Peran lingkungan dan pola asuh orang tua terhadap pembentukan karakter anak usia dini. Khirani: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(4), 146–156. https://doi.org/10.47861/khirani.v1i4.640
Edi Widianto. (2015). Peran orangtua dalam meningkatkan pendidikan karakter anak usia dini dalam keluarga. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo, 2(1), 1–75.
Fajarrini, A., & Nasrul, A. (2023). Dampak fatherless terhadap karakter anak dalam pendidikan Islam. ABATA: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(1), 20–28.
Fatmala, S. (2022). Peran orang tua terhadap pendidikan karakter anak usia dini. Conference of Elementary Studies, 599–611. https://journal.um-surabaya.ac.id/Pro/article/download/14951/5461
Fatha Pringgar, R., & Sujatmiko, B. (2020). Penelitian kepustakaan (library research) modul pembelajaran berbasis augmented reality pada pembelajaran siswa. Jurnal IT-EDU, 5(1), 317–329.
Khoirroni, I. A., Patinasarani, R., Hermayanti, N. I., & Santoso, G. (2023). Pendidikan karakter: Tingkat anak sekolah dasar di era digital. Jupetra, 2(2), 269–279.
Malli, R. (2022). Peran orang tua dalam pembentukan karakter anak usia dini di Desa Bontoala Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa. Islamic Journal: Pendidikan Agama Islam, 1(1), 83–97.
Permata, R. A. (2022). Peran orang tua dalam membentuk karakter anak usia dini di taman kanak-kanak. Jurnal Basicedu, 6(1), 1155–1168. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1969
Tokolang, N., Anwar, H., & Kalaka, F. R. S. (2022). Peran orang tua dalam pembentukan karakter anak. Educator (Directory of Elementary Education Journal), 3(1), 36–60. https://doi.org/10.58176/edu.v3i1.621
Wahyuni, I. W., & Putra, A. A. (2020). Kontribusi peran orangtua dan guru dalam pembentukan karakter Islami anak usia dini. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 5(1), 30–37. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2020.vol5(1).4854
