Implementasi program pendidikan tahfidz Al-Qur’an dimasa Pandemi Covid-19

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Siska Pratama
Isnarmi Isnarmi
Hasrul Hasrul
Susi Fitria Dewi

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan bentuk Program Tahfidz Al-qur’an dan faktor pendukung serta implikasi Program Tahfidz Al-qur’an di SMP Negeri 42 Padang dimasa Pandemi Covid-19. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 42 Padang. Adapun yang dijadikan informan penelitian yaitu para guru dan siswa. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, dokumentasi dan observasi. Untuk memastikan data yang diperoleh valid, dilakukan pengujian data melalui triangulasi metode dan triangulasi sumber. Selanjutnya, data dianalisis menggunakan teknik analisa data berupa pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan program Tahfidz Al-qur’an di SMP Negeri 42 Padang menggunakan buku saku dan dengan menggunakan metode akselerasi dimana dalam pelaksanaan metode ini siswa bisa menghafal Al-qur’an dengan cepat sehingga mereka bisa mengenali huruf dan tajwid dengan baik. Kemudian Faktor pendukung dalam pelaksanaan Tahfidz Al-qur’an yaitu memudahkan siswa untuk memasuki jenjang pendidikan yang mereka inginkan, selain itu juga menjadi penunjang dalam prestasi akademik dan non akademik dimana mereka bisa menjadi utusan dari sekolah untuk berbagai perlombaan.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Pratama, S., Isnarmi, I., Hasrul, H., & Dewi, S. F. (2023). Implementasi program pendidikan tahfidz Al-Qur’an dimasa Pandemi Covid-19. Journal of Education, Cultural and Politics , 3(2), 252-258. https://doi.org/10.24036/jecco.v3i2.51

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 > >>