Kontribusi Program Sekolah Istri Teladan Sawahlunto terhadap keberdayaan perempuan

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Aida Fitri
Susi Fitria Dewi
Fatmariza Fatmariza
Al Rafni

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi mengenai bagaimana bentuk-bentuk kegiatan pemberdayaan perempuan melalui Program Sekolah Istri Teladan Sawahlunto di Desa Lunto Barat. Selain itu, juga untuk menganalisis kontribusi apa saja yang diberikan oleh Program Sekolah Istri Teladan Sawahlunto terhadap keberdayaan perempuan di Desa Lunto Barat. Jenis penelitian ini penelitian campuran atau mixed method (kualitatif dan kuantitatif). Teknik Pengumpulan data melalui wawancara, observasi, studi dokumentasi dan penyebaran angket dengan teknik pemilihan informan penelitian dengan purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat dua bentuk kegiatan pemberdayaan yang ada pada program SILO yaitu kegiatan pelatihan dan pendidikan. Kegiatan pelatihan berupa praktik yang dilakukan langsung oleh peserta SILO bersama keluarga di rumah. Selain itu kegiatan pendidikan berupa kegiatan seminar kelas SILO dan motivasi atau sharing season. Adapun Program SILO ini juga memiliki kontribusi terhadap keberdayaan perempuan di Desa Lunto Barat seperti peningkatan pengetahuan perempuan terkait ilmu keluarga dan ini dibuktikan juga melalui hasil olahan data penyebaran angket dengan koefisien determinasi (R-Square) sebesar 53,3% Program SILO berdampak terhadap keberdayaan perempuan di Desa Lunto Barat.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Fitri, A., Dewi, S. F., Fatmariza, F., & Rafni, A. (2024). Kontribusi Program Sekolah Istri Teladan Sawahlunto terhadap keberdayaan perempuan. Journal of Education, Cultural and Politics , 4(3), 577-587. https://doi.org/10.24036/jecco.v4i3.561

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 8 > >>