Peningkatan hasil belajar peserta didik menggunakan model Problem Based Learning berbantuan aplikasi Flip PDF Corporate

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Zuliandra ilham
Atri Waldi
Reinita Reinita
Farida S

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar peserta didik yang masih rendah, Guru lebih banyak menjelaskan dari pada melibatkan peserta didik dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Pendidikan Pancasila menggunakan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan aplikasi Flip PDF Corporate dikelas V SDN 16 Padang Kudo Kabupaten Agam. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data berupa analisis pengamatan atau observasi, tes dan non tes. Subjek penelitian ini adalah guru kelas sebagai pengamat atau observer, peneliti sebagai praktisi atau guru, dan peserta didik kelas V SDN 16 Padang Kudo Kabupaten Agam yang berjumlah 28 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik siklus I diperoleh rata-rata 68,13 (K), meningkat pada siklus II menjadi menjadi 82,59 (B). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning (PBL) berbantuan aplikasi Flip PDF Corporate dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Pendidikan Pancasila di kelas V SDN 16 Padang Kudo Kabupaten Agam.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
ilham, Z., Atri Waldi, Reinita, R., & S, F. (2024). Peningkatan hasil belajar peserta didik menggunakan model Problem Based Learning berbantuan aplikasi Flip PDF Corporate. Journal of Education, Cultural and Politics , 4(3), 568-576. https://doi.org/10.24036/jecco.v4i3.573