Peningkatan hasil belajar peserta didik dengan model Problem Based Learning berbantuan media film kartun

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Luthfi Abdurrahman Alfatheen
Atri Waldi
Reinita Reinita
Tin Indrawati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana peningkatan hasil belajar pada pembelajaran pendidikan pancasila dengan model Problem Based Learning berbantuan media film kartun di kelas IV SDN 19 Kampung Olo Kecamatan Nanggalo Kota Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SDN 19 Kampung Olo Kota Padang sebanyak 16 peserta didik pada semester Januari-Juni tahun ajaran 2023/2024. Hasil penelitian menunjukkan: Pertama, hasil penilaian perencanaan pelaksanaan pembelajaran siklus I rata-rata nilai perencanaan 89,55% (B), meningkat pada siklus II yaitu 95,83% (SB). Kedua, hasil pelaksanaan pembelajaran siklus I pada aspek guru 82,14% (B), meningkat pada siklus II menjadi 96,42% (SB). Ketiga, hasil pelaksanaan pembelajaran siklus I pada aspek peserta didik rata-rata 82,14% (B), meningkat pada siklus II 96,42% (SB). Keempat, hasil Belajar pelaksanaan pembelajaran siklus I rata-rata nilai pengetahuan dan keterampilan adalah 69,66% (K), meningkat pada siklus II yaitu memperoleh rata-rata nilai pengetahuan dan keterampilan adalah 85,41% (B). Dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik di Kelas IV SDN 19 Kampung Olo. Dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik di Kelas IV SDN 19 Kampung Olo.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Alfatheen, L. A., Waldi, A., Reinita, R., & Indrawati, T. (2024). Peningkatan hasil belajar peserta didik dengan model Problem Based Learning berbantuan media film kartun. Journal of Education, Cultural and Politics , 4(3), 525-533. https://doi.org/10.24036/jecco.v4i3.575