Upaya sekolah dalam mencegah bullying melalui program anti-perundungan

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Muhammad Rivad
Henni Muchtar
Fatmariza Fatmariza
Susi Fitria Dewi

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh upaya sekolah dalam mencegah terjadinya bullying, baik itu bullying verbal, fisik, dan terbaru yaitu cyber bullying. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya sekolah dalam mencegah bullying diantaranya Program anti perundungan dan Pembentukan tim TPPK Pencegahan dan Penanganan Kekerasan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Adapun informan penelitian ini ditentukan dengan cara purposive sampling yaitu kepala sekolah, wakil kesiswaan, komite, pengawas, guru, satpam, peserta didik dan orang tua peserta didik. Pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, kesimpulan dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan evaluasi dari implementasi upaya sekolah dalam mencegah bullying hingga dibuatnya suatu program anti perundungan yang kemudian diperkuat dengan adanya tim Pencegahan dan Penanganan Kekerasan, penerapan program ini juga memiliki faktor penghambat diantaranya faktor internal sebagian berasal dari dalam diri murid itu sendiri, dan faktor eksternal seperti lingkungan keluarga dan teman sebaya. Program ini telah memberikan dampak yang cukup signifikan pada peserta didik, baik pelaku, korban dan peserta didik lainnya dalam hal meningkatkan empati, menghormati perbedaan, menciptakan lingkungan belajar yang aman, serta membangun suasana kondusif untuk berinteraksi sosial di sekolah.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Rivad, M., Muchtar, H., Fatmariza, F., & Dewi, S. F. (2025). Upaya sekolah dalam mencegah bullying melalui program anti-perundungan. Journal of Education, Cultural and Politics , 5(2), 407-417. https://doi.org/10.24036/jecco.v5i2.717

Most read articles by the same author(s)

<< < 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 > >>