Implementasi program pembinaan kesejahteraan masyarakat suku terasing

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Danang Pambudi
Fatmariza Fatmariza
Maria Montessori
Nurman S

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi program pembinaan kesejahteraan masyarakat suku terasing studi Suku Anak Dalam di Desa Mentawak Kabupaten Merangin. Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Lokasi penelitian dilaksanakan di wilayah administratif Desa Mentawak Kabupaten Merangin terhadap kelompok SAD Tumenggung Sikar. Penentuan informan penelitian dengan menggunakan teknik purposive sampling dan snowball sampling. Jenis data dan sumber data yang digunakan data primer dan data sekunder, instrumen penelitian yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan terknik triangulasi, meningkatkan ketekunan, dan teknik member check. Kemudian analisis data dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam proses pelaksanaan program PKSMT ada dua program yang dibahas yaitu pembangunan pemukiman dan rumah pintar. Kendala yang terdapat dalam pelaksanaan program yaitu rendahnya tingkat kepercayaan warga SAD Desa Mentawak terhadap program Pemerintah, sulit untuk memukimkan warga SAD Mentawak, dan akses menuju permukiman yang buruk. Dampak positif program PKSMT terhadap masyarakat SAD Mentawak yaitu adanya permukiman menetap guna mengurangi tradisi nomaden, terdatanya warga SAD secara administratif, meningkatnya standar kesehatan masyarakat SAD, terfasilitasinya pendidikan bagi anak-anak SAD, dan adanya perubahan sistem kepercayaan terhadap agama.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Pambudi, D., Fatmariza, F., Montessori, M., & S, N. (2023). Implementasi program pembinaan kesejahteraan masyarakat suku terasing. Journal of Education, Cultural and Politics , 1(2), 90-100. https://doi.org/10.24036/jecco.v1i2.303

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>