Pengaruh JF Japanese e-learning Minato terhadap pembelajaran Bahasa Jepang
Keywords:
elearning minato, pembelajaran bahasa Jepang, SMK Vokasi, program magang JepangAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh platform JF Japanese e-learning Minato terhadap pembelajaran bahasa Jepang di SMK Negeri 1 Baso, berdasarkan studi literatur dari jurnal terpercaya dan buku relevan. SMK N 1 Baso, sebagai sekolah kejuruan menerapkan pembelajaran bahasa Jepang sebagai mata pelajaran pilihan bagi siswanya untuk mendukung peningkatan ketrampilan bahasa sebagai penunjang kesiapan tenaga kerja dan program pemagangan ke Jepang. Melalui tinjauan literatur, ditemukan bahwa Minato efektif dalam meningkatkan kemampuan bahasa dasar seperti hiragana dan katakana, serta mendukung pembelajaran mandiri di konteks vokasi. Hasil menunjukkan peningkatan motivasi siswa dan kesiapan kerja, meskipun tantangan seperti akses internet tetap ada. Kesimpulan merekomendasikan integrasie learning Minato dengan kurikulum vokasi untuk optimalisasi hasil belajar dalam mempersiapkan tenaga kerja yang kompeten dibidangnya.
References
Graham, C. R. (2006). Blended learning systems: Definition, current trends, and future directions. In C. J. Bonk & C. R. Graham (Eds.), The handbook of blended learning: Global perspectives, local designs (pp. 3–21). Pfeiffer.
Japan Foundation. (2014). Marugoto: Japanese language and culture. Tokyo: Japan Foundation.
Japan Foundation. (2016). The development of JF Japanese e-learning Minato: A place to learn and meet. Wochikochi Magazine. https://www.wochikochi.jp/english/report/2016/09/the-development-of-jf-japanese-e-learning-minato-a-place-to-learn-and-meet.php
Japan Foundation. (2022). JF Japanese e-learning Minato, more user-friendly than ever! https://www.jpf.go.jp/e/project/japanese/teach/tsushin/news/202204.html
Mulia, A. J. A. (2023). Pengaruh penggunaan media e-Minato pada situs Japan Foundation dalam pembelajaran Hiragana secara mandiri [Skripsi, Universitas Pendidikan Indonesia]. Repository UPI. http://repository.upi.edu/102873/
Okamoto, R., Widyastari, D., & Pratama, R. Y. (2021). The use of “Minato” as a character learning self-study application and its effects. Jurnal Kiryoku, 5(2), 165–171. https://doi.org/10.14710/kiryoku.5.2.165-171
Pratiwi, I. A., Widyastari, D., & Okamoto, R. (2021). Effectiveness of Minato in vocational school. Jurnal Kiryoku, 5(2), 172–177. https://doi.org/10.14710/kiryoku.5.2.172-177
Ratna, M. P., & Widiandari, A. (2021). Evaluation of Japanese language proficiency in online internships for vocational school students of Diponegoro University, Semarang. IZUMI, 10(1), 214–220. https://doi.org/10.14710/izumi.10.1.214-220
Suryani, A., Rahmawati, A., & Azizah, N. (2021). Learning Japanese using Marugoto Japanese online course site (Minato). International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 11(11), 1634–1642. https://doi.org/10.6007/IJARBSS/v11-i11/11447
Suryani, A., Trisnawati, E., & Azizah, N. (2023). Persepsi mahasiswa terhadap Minato. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, 10(1). https://jom.unri.ac.id/index.php/JOMFKIP/article/view/32700
Sutedi, D. (2017). Pendidikan bahasa Jepang di Indonesia. Jurnal Pendidikan Bahasa Jepang, 1(1), 1–10.
Toharudin, T., Dewi, L., Nurullita, M., Prasetio, V. M., & Ridwan, L. N. (2025). Panduan mata pelajaran Bahasa Jepang. Badan Stand ascend: Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah Republik Indonesia.
Various Authors. (2022). Marugoto Japanese online course site (Minato) as Japanese language learning tool among students. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 7(2), 159–165. https://doi.org/10.31940/jpk.v7i2.159-165
