Problematika Guru SMPN 15 Padang dalam Penilaian Hasil Belajar melalui aplikasi E-Rapor 2.2

Authors

  • Rina Satty Welly Riani a:1:{s:5:"en_US";s:40:"Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan";}
  • Suryanef Suryanef Universitas Negeri Padang
  • Maria Montessori Universitas Negeri Padang
  • Junaidi Indrawadi Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/jecco.v3i2.212

Keywords:

guru, penilaian hasil belajar, e-Rapor

Abstract

Artikel ini akan membahas tentang problematika guru dalam penilaian hasil belajar siswa menggunakan aplikasi e-Rapor 2.2 dan upaya yang dilakukan guru dalam menemukan solusi dari problematika tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Informan dari penelitian ini adalah Dinas Pendidkan Kota Padang, Kepala Sekolah, Wakil Kurikulum, Guru, dan Operator aplikasi e-Rapor SMP N 15 Padang. Lokasi penelitian ini berada di SMPN 15 Padang. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa problematika yang dihadapi guru dalam memanfaatkan aplikasi e-Rapor 2.2 sebagai penilaian hasil belajar adalah pertama, fitur yang terlalu rumit. Kedua, adanya perbedaan kompetensi dasar. Ketiga, singkatnya waktu pengerjaan input nilai pada aplikasi e-Rapor 2.2. Keempat, guru tidak dapat mengubah data ketika nilai sudah dientrikan. Kelima, nilai yang harus dientrikan harus di atas KKM. Keenam, guru kurang terampil dalam memanfaatkan teknologi. Kemudian upaya yang dilakukan oleh guru untuk mengatasi problematika pemanfaatan aplikasi e-Rapor 2.2 adalah   melakukan lokakarya, memberikan pembekalan tentang pengembangan aplikasi e-Rapor 2.2 dan memanfaatkan WhatsApp Group sebagai media komunikasi.

Downloads

Published

2023-10-06

How to Cite

Satty Welly Riani, R., Suryanef, S., Montessori, M., & Indrawadi, J. (2023). Problematika Guru SMPN 15 Padang dalam Penilaian Hasil Belajar melalui aplikasi E-Rapor 2.2. Journal of Education, Cultural and Politics , 2(2), 218–227. https://doi.org/10.24036/jecco.v3i2.212

Most read articles by the same author(s)

<< < 7 8 9 10 11 12 13 14 > >>