Problematika guru PPKn dalam mengembangkan media pembelajaran pada kurikulum merdeka

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Sadita Dwi Cahyani
Junaidi Indrawadi
Hasrul Hasrul
Rinia Zatalini

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis problematika guru PPKn dalam mengembangkanĀ  media pembelajaran pada kurikulum merdeka di SMAN 1 Kandis provinsi Riau, dan mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat guru PPKn dalam mengembangkan media pembelajaran pada kurikulum merdeka. Penelitian ini merupakan penelitian deskripstif kualitatif. Adapun informan dalam penelitian ini ditentukan secara purposive sampling dan pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Uji keabsahan data dalam penelitian ini digunakan dengan triangulasi sumber. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, kesimpulan dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan problematika guru PPKn dalam mengembangkan media pembelajaran pada kurikulum merdeka di SMANi 1 Kandis yaitu dalam analisis kebutuhan, perencanaan, desain, pengembangan, evaluasi, revisi, implementasi, penggunaan keberlanjutan, dan evaluasi terus menerus. Faktor pendukung guru PPKn dalam mengembangkan media pembelajaran dengan melalui kegiatan workshop, evaluasi keberlanjutan pada media pembelajaran, faktor penghambat guru PPKn dalam mengembangkan media pembelajaran membutuhkan waktu untuk mempersiapkanĀ  perangkat media pembelajaran berbasis IT, sarana dan prasarana yang kurang memadai.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Cahyani, S. D., Indrawadi, J., Hasrul, H., & Zatalini, R. (2025). Problematika guru PPKn dalam mengembangkan media pembelajaran pada kurikulum merdeka. Journal of Education, Cultural and Politics , 5(2), 440-453. https://doi.org/10.24036/jecco.v5i2.729

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >>