Motivasi anak petani sawit dalam mengikuti pendidikan formal

Authors

  • Elsa Monara Okhada Universitas Negeri Padang
  • Maria Montessori Universitas Negeri Padang
  • Fatmariza Fatmariza Universitas Negeri Padang
  • Junaidi Indrawadi Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/jecco.v5i2.254

Keywords:

Motivasi, Pendidikan Formal, Putus Sekolah

Abstract

Pendidikan merupakan landasan untuk memajukan sumber daya manusia. Terlaksananya sebuah pendidikan terkhususnya pendidikan formal tidak terlepas dari adanya motivasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana motivasi anak petani sawit dalam mengikuti pendidikan formal serta dampak dari adanya perkebunan sawit terhadap motivasi anak petani sawit dalam mengikuti pendidikan formal di Nagari Sungai Pulai, Kecamatan Silaut, Kabupaten Pesisir Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Data diperoleh melalui sumber data primer dan data sekunder melalui prosedur observasi, wawancara mendalam dan studi dokumentasi. Informan penelitian diperoleh melalui purpose sampling sebanyak 36 yang terdiri dari anak petani sawit yang tidak melanjutkan sekolah, orangtua, tetangga, dan tokoh masyarakat. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa anak petani sawit yang tidak melanjutkan pendidikan di pengaruhi oleh faktor internal seperti sering terlambat berangkat sekolah dan kejenuhan dalam belajar. Faktor eksternal berupa rendahnya pendidikan orangtua, pengaruh teman sebaya, dan juga faktor ekonomi. Sedangkan dampak positif dari perkebunan sawit adalah menggerakkan perekonomian keluarga sehingga masalah pemenuhan atas fasilitas belajar anak terpenuhi, dan dampak negatifnya adalah terjadi perubahan pola fikir anak-anak petani sawit yang lebih memilih untuk bekerja daripada melanjutkan sekolah.

Downloads

Published

2025-05-28

How to Cite

Okhada, E. M., Montessori, M., Fatmariza, F., & Indrawadi, J. (2025). Motivasi anak petani sawit dalam mengikuti pendidikan formal. Journal of Education, Cultural and Politics , 5(2), 357–365. https://doi.org/10.24036/jecco.v5i2.254

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >>