Pelaksanaan Program Kampus Mengajar oleh Pusat MBKM Universitas Negeri Padang

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Sukma Tri Widiyanti
Hasrul Hasrul
Azwar Ananda
Al Rafni

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan program kampus mengajar, kendala, upaya serta persepsi mahasiswa. Jenis Penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Pelaksanaan program kampus mengajar sudah terlaksana sesuai dengan tahapannya, mulai dari tahapan persiapan, koordinasi, observasi, perencanaan program kegiatan, pelaksanaan program kegiatan hingga tahapan pelaporan/evaluasi. Kendala yang dihadapi oleh pusat MBKM Universitas Negeri Padang adalah mahasiswa melakukan injury time saat verifikasi bahan, fasilitas program, akses jalan yang ditempuh ke lokasi penugasan program kampus mengajar, ketidakkonsistenan dari mahasiswa yang telah mengikuti program kampus mengajar tetapi tidak menyelesaikan rangkaian program hingga tahapan akhir. Upaya yang dilakukan oleh Pusat MBKM dengan memperbolehkan melakukan pemindahan lokasi sekolah ke tempat yang lebih mudah aksesnya, dan monitoring. Mahasiswa menyatakan kampus mengajar merupakan program yang sangat menunjang sistem pendidikan di Indonesia apalagi yang difokuskan kepada pendidikan yang berada di daerah 3T.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Tri Widiyanti, S., Hasrul, H., Ananda, A., & Rafni, A. (2024). Pelaksanaan Program Kampus Mengajar oleh Pusat MBKM Universitas Negeri Padang. Journal of Education, Cultural and Politics , 4(4), 751-761. https://doi.org/10.24036/jecco.v4i4.279

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 8 9 > >>