Penerapan Profil Pelajar Pancasila melalui kegiatan gotong royong

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Widia Permata Sari
Azwar Ananda
Maria Montessori
Junaidi Indrawadi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai penerapan profil pelajar Pancasila melalui kegiatan gotong royong yang merupakan salah satu dimensi dari Profil Pelajar Pancasila. Hal ini ditujukan dan mengarahkan peserta didik menjadi makhluk sosial dengan mewujudkan sikap peduli, saling tolong menolong satu sama lain dan memiliki sifat rendah hati. Jenis Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode fenomenologi. Untuk mendapatkan data, peneliti memakai metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data dimulai dari reduksi data, kemudian tahap penyajian data, terakhir penarikan kesimpulan. Untuk mengecek keabsahan data digunakan teknik Trianggulasi sumber. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa siswa sudah cukup baik dalam menerapkan profil Pelajar Pancasila melalui kegiatan gotong royong, dengan ikut serta melakukan partisipasi terhadap lingkungan sekolah. Meskipun demikian, terdapat hambatan/kendala yang dihadapi oleh siswa yaitu faktor internal yang dimana siswa kurang memiliki kesadaran diri dan motivasi serta komitmen untuk melaksanakan kegiatan tersebut. Padahal sekolah memberikan sosialisasi dikelas, motivasi, memberikan penghargaan/reward, sanksi yang tegas dan melaksanakan kegiatan khusus di sekolah.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Sari, W. P., Ananda, A., Montessori, M., & Indrawadi, J. (2025). Penerapan Profil Pelajar Pancasila melalui kegiatan gotong royong. Journal of Education, Cultural and Politics , 4(4), 927-935. https://doi.org/10.24036/jecco.v4i4.311

Most read articles by the same author(s)

<< < 4 5 6 7 8 9