Pendidikan Karakter di Sekolah Alam Ar-Royyan Kota Padang
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan pendidikan karakter di Sekolah Alam Ar-Royyan Kota Padang. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Informan penelitian ini menggunakan purposive sampling yaitu kepala sekolah, guru kelas enam dan perwakilan siswa kelas enam. Pengumpulan data dilaksanakan dengan menggunakan metode wawancara terstruktur dan dokumentasi. Peneliti merupakan instrumen utama yang dibentu dengan pedoman wawancara dan pedoman dokumentasi. Alat pengumpulan data yaitu buku catatan, kamera smartphone, recorder dan daftar informan. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data yang digunakan adalah teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pendidikan karakter di sekolah alam Ar-Royyan melalui: Pertama, strategi kepala sekolah dilakukan dengan cara melakukan komunikasi dengan siswa maupun orangtuanya untuk mengingatkan dalam melaksanakan sholat dhuha, mengerjakan pekerjaan rumah dan membantu orangtua. Kedua, menginternalisasikan nilai-nilai karakter kedalam semua komponen rencana program pembelajaran. Ketiga, mengkaji dampak pelaksanaan pendidikan bagi siswa di sekolah alam arroyyan Kota Padang.