Internalisasi nilai-nilai pendidikan karakter pada kurikulum merdeka belajar SMA

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Reza Fitria
Junaidi Indrawadi
Isnarmi Isnarmi
Hasrul Hasrul

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter yang ditanamkan melalui kurikulum merdeka belajar dan mengetahui strategi penanaman nilai-nilai pendidikan karakter pada siswa melalui kurikulum merdeka belajar di SMA Negeri 1 Lembah Melintang. Tekinik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data diuji dengan triangulasi sumber. Data yang diperoleh tersebut kemudian di analisis dengan teknik analisis data yang terdiri dari tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan pengampilan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan penanaman nilai-nilai pendidikan karakter melalui kurikulum merdeka belajar sudah diterapkan di SMA Negeri 1 Lembah Melintang mulai dari kelas X. Adapun nilai-nilai pendidikan karakter yang ditanamkan melalui kurikulum merdeka belajar ialah beriman, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, berkebhinnekaan global, bergotong royong, kreatif, bernalar kritis dan mandiri. Strategi yang dilakukan guru dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter baik didalam kelas maupun diluar kelas yaitu pembiasaan, Pembelajaran aktif, inovatif, kreatif dan menyenangkan, cooperative learning dan inquiry.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Fitria, R., Indrawadi, J., Isnarmi, I., & Hasrul, H. (2025). Internalisasi nilai-nilai pendidikan karakter pada kurikulum merdeka belajar SMA. Journal of Education, Cultural and Politics , 4(4), 833-843. https://doi.org/10.24036/jecco.v4i4.312

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 > >>