Keterampilan guru PPKn dalam pengelolaan kelas

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Rosa Fitria Zonti
Junaidi Indrawadi
Azwar Ananda
Isnarmi Isnarmi

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan Guru PPKn dalam pengelolaan kelas di SMP Negeri 5 Seluma Provinsi Bengkulu. Keterampilan guru PPKn dalam pengelolaan kelas merupakan suatu usaha guru memecahkan permasalahan guna pencapaian kompetensi peserta didik dalam mengikuti pembelajaran Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi deskriptif. Teknik pengumpulan data yaitu observasi,wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data diuji dengan tringulasi sumber. Data yang telah diperoleh tersebut kemudian dianalisis dengan teknik analisis data yang terdiri dari tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru PPKn dalam pengelolaan kelas sudah melaksanakan keterampilan mengelola kelas meliputi Keterampilan yang berhubungan dengan penciptaan kondisi belajar yang optimal. Pengaturan pada peserta didik yang mencakup sikap hangat dan antusias, tantangan, bervariasi, keluwesan, penekanan pada hal-hal positif, serta penanaman disiplin. Kemudian mengelola interaksi kegiatan belajar mengajar dan upaya mengatasi permasalahan pada pengelolaan kelas. Implementasi pengelolaan kelas pada proses pembelajaran dilaksanakan guru berdasarkan delapan keterampilan dasar mengajar yaitu membuka dan menutup pelajaran, menjelaskan, bertanya, memberi penguatan, mengadakan variasi, membimbing diskusi kelompok kecil, mengelola kelas, serta pembelajaran peseorangan dan kelompok kecil.


Kata Kunci: Keterampilan Guru, Pengelolaan Kelas, PPKn

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Fitria Zonti, R., Indrawadi, J., Ananda, A., & Isnarmi, I. (2023). Keterampilan guru PPKn dalam pengelolaan kelas. Journal of Education, Cultural and Politics , 3(2), 259-267. https://doi.org/10.24036/jecco.v3i2.109

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 > >>