Penanaman nilai-nilai toleransi pada peserta didik di Sekolah Dasar

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Dzilfikrirrasyid Dzilfikrirrasyid
Junaidi Indrawadi
Isnarmi Isnarmi
Hasrul Hasrul

Abstract

Peneliti ini dilakukan untuk mendeskripsikan penanaman nilai-nilai toleransi pada peserta didik di Sekolah Dasar Fransiskus Padang Panjang. Pelaksanaan penanaman nilai-nilai toleransi, kendala yang ditemukan guru serta upaya guru untuk mengatasi kendala tersebut dalam penanaman nilai-nilai toleransi pada peserta didik Sekolah Dasar Fransiskus Padang Panjang. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan cara observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Informan peneliti yaitu Kepala sekolah, Guru kelas, Guru Agama Islam, dan Orang tua peserta didik. Tahapan analisis data yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Pada tahapan validasi data menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa penanaman nilai-nilai toleransi pada peserta didik di Sekolah Dasar Fransiskus Padang Panjang, secara umum sudah terlaksana dengan seharusnya yaitu penanaman nilai keberagaman dan pembentukan karakter melalui proses pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dan Pendidikan Agama serta melalui kegiatan-kegiatan dan budaya sekolah. Dalam pelaksanaannya guru menemukan kendala yang disebabkan guru, peserta didik dan lingkungan keluarga. Dengan demikian dapat disimpulkan guru menjadi ujung tombak dalam membentuk karakter peserta didik sehingga memiliki sikap toleransi.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Dzilfikrirrasyid, D., Indrawadi, J., Isnarmi, I., & Hasrul, H. (2024). Penanaman nilai-nilai toleransi pada peserta didik di Sekolah Dasar. Journal of Education, Cultural and Politics , 4(1), 220-228. https://doi.org/10.24036/jecco.v4i1.272

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>