Strategi pengembangan Modul Ajar PKn berdasarkan Kurikulum Merdeka

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Dinda Noveliani
Hasrul Hasrul
Azwar Ananda
Maria Montessori

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengkaji tentang pengembangan modul ajar kurikulum merdeka yang diterapkan di SMA N 7 Padang. Metodologi yang digunakan ialah kualitatif. Informan ditentukan dengan menggunakan teknik purposif sampling. Data yang digunakan ialah primer dan sekunder. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara mendalam dan studi dokumentasi. Pengujian data dilakukan dengan teknik triangulasi sumber dan triangulasi metode. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan strategi yang dilakukan untuk mengembangkan modul ajar di SMAN 7 Padang dimulai dari proses sosialisasi tentang kurikulum merdeka yang diberikan oleh Dinas pendidikan Sumatera barat, kolaborasi dengan guru penggerak dalam komunitas belajar, berpedoman pada buku kurikulum merdeka belajar, serta berkolaborasi dengan guru penggerak. Kekurangan dalam penyusunan modul ajar di SMAN 7 Padang yaitu permasalahan SDM guru yang masih minim, kurangnya minat mempelajari esensi dari kurikulum merdeka dan dana sekolah untuk pengadaan buku yang minim.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Noveliani, D., Hasrul, H., Ananda, A., & Montessori, M. (2024). Strategi pengembangan Modul Ajar PKn berdasarkan Kurikulum Merdeka. Journal of Education, Cultural and Politics , 4(2), 436-445. https://doi.org/10.24036/jecco.v4i2.497

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 > >>