Strategi Guru PPKn dalam mengembangkan dimensi berkebhinekaan global Profil Pelajar Pancasila dalam pembelajaran PPKn

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Mei Bunga Firdayani
Maria Montessori
Azwar Ananda
Junaidi Indrawadi

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai dalam dimensi berkebhinekaan global dan mengidentifikasi strategi guru PPKn dalam mengembangkan dimensi berkebhinekaan global dalam pembelajaran PPKn di SMP Negeri 29 Padang. Jenis penelitian ini penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Dalam penelitian ini terdapat 15 informan yang dipilih melalui purposive sampling. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan metode triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai dalam dimensi berkebhinekaan global yang ditanamkan oleh guru PPKn SMP Negeri 29 Padang kepada peserta didik antara lain nilai cinta tanah air, nilai tanggung jawab, nilai toleransi, nilai keadilan sosial, berpikiran terbuka, dan nilai kepedulian. Kemudian, dalam mengembangkan dimensi berkebhinekaan global profil pelajar Pancasila, guru PPKn SMP Negeri 29 Padang melaksanakan beberapa strategi antara lain menganalisis kurikulum tentang berkebhinekaan global melalui modul ajar, mengembangkan materi pembelajaran, menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning, dan menggunakan media pembelajaran yang mendukung pengembangan dimensi berkebhinekaan global, menerapkan pembiasaan (habituasi) terkait penguatan profil berkebhinekaan global, memberikan keteladanan (moral modeling), serta melaksanakan evaluasi pembelajaran yang mencakup aspek afektif tentang berkebhinekaan global.


 

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Firdayani, M. B., Montessori, M., Ananda, A., & Indrawadi, J. (2024). Strategi Guru PPKn dalam mengembangkan dimensi berkebhinekaan global Profil Pelajar Pancasila dalam pembelajaran PPKn . Journal of Education, Cultural and Politics , 4(2), 495-507. https://doi.org/10.24036/jecco.v4i2.499

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 5 6 > >>