Kontribusi pendidikan terhadap peningkatan kedudukan perempuan Batak Toba Pedesaan dalam keluarga dan masyarakat

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Yessica Pratama Naibaho
Yusnanik Bakhtiar
Susi Fitria Dewi
Rinia Zatalini

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan perubahan paradigma masyarakat Batak Toba tentang kontribusi pendidikan terhadap peningkatan kedudukan perempuan Batak Toba pedesaan dalam keluarga dan masyarakat di Desa Bukit Baru, mengidentifikasi faktor motivasi perempuan Batak Toba pedesaan melanjutkan pendidikan tinggi, dan menganalisis perubahan sikap dan perilaku dari para generasi anak perempuan yang sudah memperoleh pendidikan tinggi di Desa Bukit Baru. Jenis penelitian ini kualitatif deskriptif. Informan dalam penelitian ini dipilih melalui purposive sampling. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan ketekunan pengamatan, member check dan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini berkaitan dengan perubahan paradigma masyarakat Batak toba tentang kontribusi pendidikan terhadap peningkatan kedudukan perempuan Batak Toba pedesaan dalam keluarga dan masyarakat di Desa Bukit Baru dilihat dari adanya peningkatan kedudukan perempuan dalam keluarga dan masyarakat. Faktor motivasi anak perempuan melanjutkan pendidikan tinggi dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal. Perubahan perilaku dan sikap anak perempuan Batak Toba yang berpendidikan tinggi yaitu pandai bertutur, sopan santun, saling menghormati dan bijak mengambil keputusan.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Yessica Pratama Naibaho, Bakhtiar, Y., Dewi, S. F., & Zatalini, R. (2024). Kontribusi pendidikan terhadap peningkatan kedudukan perempuan Batak Toba Pedesaan dalam keluarga dan masyarakat. Journal of Education, Cultural and Politics , 4(2), 320-332. https://doi.org/10.24036/jecco.v4i2.507