Strategi guru dalam meningkatkan keberanian berpendapat siswa
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi guru dalam meningkatkan keberanian berpendapat siswa di MTsN 4 Kota Padang. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menerapkan beberapa strategi, yaitu pemberian ruang diskusi terbuka, pemberian dukungan dan motivasi, serta penggunaan media pembelajaran yang menarik. Penyesuaian metode pembelajaran sesuai dengan karakteristik siswa juga menjadi faktor penting dalam meningkatkan keberanian siswa untuk berbicara. Faktor pendukung dari strategi ini adalah suasana kelas yang inklusif dan partisipasi aktif siswa. Di sisi lain, faktor penghambat yang ditemukan adalah perbedaan kemampuan siswa dan rasa takut atau cemas untuk berbicara di depan kelas. Meskipun demikian, dukungan dari guru dan lingkungan kelas yang positif mampu mengatasi hambatan tersebut, sehingga strategi yang diterapkan berhasil meningkatkan keberanian siswa dalam menyampaikan pendapat siswa.