Internalisasi nilai-nilai lingkungan hidup dalam penguatan civic culture di SMP

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Anib Ginasti
Al Rafni
Henni Muchtar
Yusnanik Bakhtiar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi bagaimana penanaman nilai-nilai peduli lingkungan dalam penguatan civic culture serta untuk menganalisis faktor pendukung dan faktor penghambat dalam penanaman nilai-nilai lingkungan hidup dalam penguatan civic culture. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik pemilihan informan menggunakan purposive sampling yang terdiri dari Ketua Adiwiyata, Kepala SMPN 24 Padang, Wakil Kurikulum SMPN 24 Padang, Guru Mata Pelajaran PPKn serta siswa SMPN 24 Padang. Teknik analisis data yaitu: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji penelitian menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya internalisasi nilai lingkungan hidup dilakukan melalui beberapa program sekolah berupa semengober, Upacara Sekolah, Muhadharah, Literasi sekolah. Kendala yang dihadapi dalam internalisasi nilai-nilai lingkungan hidup dalam penguatan civic culture yakni guru dan siswa baru yang masih memerlukan adaptasi terhadap program sekolah, keterbatasan anggaran tetap hingga sulitnya mendapatkan keterlibatan aktif siswa dalam kegiatan lingkungan hidup.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Ginasti, A., Rafni, A., Muchtar, H., & Bakhtiar, Y. (2025). Internalisasi nilai-nilai lingkungan hidup dalam penguatan civic culture di SMP. Journal of Education, Cultural and Politics , 5(1), 178-185. https://doi.org/10.24036/jecco.v5i1.629

Most read articles by the same author(s)

<< < 2 3 4 5 6 7 8 9 > >>