Pengaruh manajemen sarana prasarana dan ketersediaan sarana praktik terhadap kinerja guru
Keywords:
manajemen sarana dan prasarana, sarana praktik, kinerja guruAbstract
Penelitian ini melihat sejauh mana pengaruh manajemen sarana dan prasarana dan ketersediaan sarana praktik mengajar dan di sekolah terhadap kinerja guru. Permasalahan utama dari penelitian ini adalah bagaimana ketersediaan sarana praktik di SMKN 1 Baso yang kondisinya sangat terbatas mempengaruhi cara mengajar guru di kelas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh manajemen sarana dan prasarana dan ketersediaan sarana praktik terhadap kinerja guru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Literatur Review dengan kajian terhadap sepuluh literatur yang sesuai dengan inklusi penelitian yang dipilih dari jurnal terindeks menggunakan platform google scholar. Berdasarkan hasil dari beberapa artikel, dapat dinyatakan bahwa manajemen sarana dan prasarana dan ketersediaan sarana dan prasarana praktik berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru secara langsung.
References
Aoliso, A., & Lao, H. (2018). Pengaruh lingkungan kerja terhadap kepuasan kerja karyawan pada PT. TASPEN (PERSERO) Kantor Cabang Kupang. *Bisman: Jurnal Bisnis & Manajemen, 3*(1), 9–16.
Asterina, F., & Sukoco, S. (2019). Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, motivasi kerja, dan disiplin guru terhadap kinerja guru. *Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 7*(2), 208–219. https://doi.org/10.21831/amp.v7i2.25293
Barnawi, & Arifin, M. (2012). *Manajemen sarana dan prasarana sekolah* (1st ed.). Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Fadillah, R., Ambiyar, A., Giatman, M., Fadhilah, F., Muskhir, M., & Effendi, H. (2021). Meta analisis: Efektivitas penggunaan metode *Project Based Learning* dalam pendidikan vokasi. *Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 4*(1), 138–146. https://doi.org/10.23887/jpp.v4i1.33840
Handayani, K., Kusumaningsih, W., & Sudana, I. M. (2025). The influence of practical facilities on the quality of learning at state vocational schools. *Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9*(2), 471–485. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v9i2.5812
Hidayatullah, R. (2018). *Faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja guru IPS SMP dan MTS di Kecamatan Marioriwawo Kabupaten Soppeng* (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Makassar). Retrieved from [repository URL if available].
Matin, & Fuad, N. (2016). *Manajemen sarana dan prasarana pendidikan: Konsep dan aplikasinya*. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Munarsi, W. S., Budiwobowo, S., & Astuti, E. (2021). Pengaruh sarana prasarana pendidikan dan komitmen guru terhadap kinerja guru di SMKN XX Madiun. *JPEKBM (Jurnal Pendidikan Ekonomi, Kewirausahaan, Bisnis dan Manajemen), 5*(1), 65–71.
Qomar, M. (2007). *Manajemen pendidikan Islam: Strategi baru pengelolaan lembaga pendidikan Islam*. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Saputra, L. T. (2020). *Pengaruh sarana dan prasarana sekolah terhadap kinerja guru di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 5 Pekanbaru* (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).
Sun, K. (2022). Action-oriented practice and students' vocational competence development in higher vocational education. *Journal of Higher Education Research, 3*(6), 438–443.
Wijaya, A., & Selamat, S. (2024). The influence of work environment and facilities and infrastructure on teacher performance in vocational high schools. *Ensiklopedia: Jurnal Pendidikan dan Inovasi Pembelajaran Saburai, 4*(1), 44–52. https://doi.org/10.12345/ensiklopedia.v4i1.123
Zhang, X. (2024). Using reinforcement learning algorithms to optimize practical skills development in higher vocational and technical education. *Journal of Electrical Systems, 20*(6s), 2146–2155.
