Strategi komunikasi politik pasangan Hamsuardi dan Risnawanto pada kampanye Pilkada 2024

Authors

  • Rina Wati Universitas Negeri Padang
  • Suryanef Suryanef Universitas Negeri Padang
  • Al Rafni Universitas Negeri Padang
  • Hasrul Hasrul politik uang, money politic, Pemilu 2024

DOI:

https://doi.org/10.24036/jecco.v5i1.161

Keywords:

Strategi, Komunikasi Politik, Pilkada

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi politik pasangan Hamsuardi dan Risnawanto pada kampanye pemilihan kepala daerah tahun 2020 di Kabupaten Pasaman Barat serta faktor pendukung dan penghambat pada kampanye pasangan tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah wawancara mendalam dan dokumentasi. Lokasi Penelitian yang dipilih yaitu Jorong IV Koto Barat Kecamatan Kinali Kabupaten Pasaman Barat karena masyarakatnya sangat antusias dalam pemilihan kepala daerah tahun 2020. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini pasangan Hamsuardi-Risnawanto dalam kampanye memakai strategi yaitu strategi Positioning ketika tawaran produk politik ke kontestan yang khas dan jelas, strategi Branding ketika merk-merk tokoh membranding dirinya lewat media sosial dan lain sebagainya, dan strategi segmenting ketika kandidat menyasar pemilih menengah kebawah.

Downloads

Published

2025-02-13

How to Cite

Wati, R., Suryanef, S., Rafni, A., & Hasrul, H. (2025). Strategi komunikasi politik pasangan Hamsuardi dan Risnawanto pada kampanye Pilkada 2024 . Journal of Education, Cultural and Politics , 5(1), 56–61. https://doi.org/10.24036/jecco.v5i1.161

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >>