Pengembangan Bahan Ajar Mata Pelajaran PPKn Berbasis Discovery Learning Kelas VIII Semester 2 Tahun Pelajaran 2022-2023

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Tika Rosmadini
Hasrul Hasrul
Junaidi Indrawadi
Fatmariza Fatmariza

Abstract

Tujuan Penelitian ini untuk meneliti Pengembangan Bahan Ajar Mata Pelajaran PPKn Berbasis Discovery Learning untuk siswa kelas VIII semester 2 di SMPN 13 Padang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII semester 2 di SMPN 13 Padang. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, dokumentasi, angket, dan wawancara. Hasil akhir dari penelitian pengembangan ini setelah melalui ujicoba validasi ahli materi dan ahli bahasa pada tahap II, modul pembelajaran yang dikembangk n memperoleh skor rata-rata 88% dari ahli materi dan untuk ahli bahasa memperoleh skor rata-rata 83,63% dari kedua penilaian validator diatas modul pembelajaran dikatakan “sangat layak” untuk digunakan, angket respon siswa. Hal demikian juga dibuktikan dengan adanya respon peserta didik dan guru dalam uji skala kecil yang dilakukan pada 12 orang peserta didik memperoleh skor rata-rata 76,66% dan uji lapangan yang dilakukan pada 20 orang peserta didik 78%.


 

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Rosmadini, T., Hasrul, H., Indrawadi, J., & Fatmariza, F. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Mata Pelajaran PPKn Berbasis Discovery Learning Kelas VIII Semester 2 Tahun Pelajaran 2022-2023. Journal of Education, Cultural and Politics , 1(2), 109-118. https://doi.org/10.24036/jecco.v1i2.263

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 > >>