Pembelajaran daring dan permasalahannya pada Mata pelajaran PPKn
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran daring dan permasalahannya pada mata pelajaran PPKn di SMP Negeri 27 Solok Selatan. Penelitian ini termasuk kedalam penelitian kualitatif deskriptif menggunakan metode studi kasus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran daring di SMPN 27 Solok Selatan berjalan tidak efektif karena kurangnya kemampuan guru dalam menggunakan aplikasi yang ada saat proses pembelajaran daring tersebut, kurangnya keterampilan orang tua mengenai media pembelajaran daring ini. Hasil penelitian ini menemukan bahwa terdapat keluhan oleh para orang tua karena pada saat mendampingi siswa belajar dari rumah terdapat beban tersendiri bagi orang tua yang tidak memiliki latar belakang pendidikan yang cukup ataupun sarana dan fasilitas yang memadai. Kendala lain yaitu siswa yang tidak memiliki perangkat digital seperti HP android dan komputer. Kemudian tidak adanya koneksi jaringan internet pada wilayah tersebut, serta borosnya kuota karena latar belakang ekonomi orang tua yang kurang mampu sehingga membuat siswa mengalami kendala untuk bisa mengakses sumber belajar daring.