Pemetaan permasalahan yang dihadapi guru PPKn dalam penerapan kurikulum merdeka belajar

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Rifky Devi Laura
Azwar Ananda
Maria Montessori
Junaidi Indrawadi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemetaan permasalahan yang dihadapi guru PPKn dalam penerapan Kurikulum Merdeka Belajar di SMP Negeri Kota Padang. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dimana dari pendekatan tersebut dideskripsikan dalam bentuk kata-kata tertulis, informasi dan gambaran kondisi yang terstruktur dan faktual secara apa adanya mengenai fenomena yang diteliti. Informan dipilih melalui purposive sampling. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data terdiri dari kualitatif dengan menggunakan metode triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa permasalahan yang dihadapi guru terdiri dari kurangnya sarana, pemahaman guru yang masih minim mengenai Kurikulum Merdeka belajar, kurangnya kemampuan guru dalam mengembangkan media ajar yang berbasis teknologi, serta kendala dalam pemilihan metode ajar yang cocok bagi setiap siswa.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Devi Laura, R., Ananda, A., Montessori, M., & Indrawadi, J. (2024). Pemetaan permasalahan yang dihadapi guru PPKn dalam penerapan kurikulum merdeka belajar. Journal of Education, Cultural and Politics , 4(1), 101-111. https://doi.org/10.24036/jecco.v4i1.374

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>