Penanaman kedisiplinan siswa melalui program KPK

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Zahra Sabela
Hasrul Hasrul
Azwar Ananda
Junaidi Indrawadi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk kegiatan program KPK atau Komitmen Penegakan Kerapian siswa SMK Negeri 1 Koto XI Tarusan dan mengetahui penerapan program KPK terhadap kedisiplinan siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif yang menampilkan data apa adanya tanpa proses manipulasi yang dijelaskan dalam bentuk uraian secara sistematis dan akurat sesuai fenomena-fonomena dan fakta-fakta mengenai penanaman kedisiplinan siswa melalui program KPK Informan dalam penelitian ini dipilih melalui purposive sampling. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan metode triangulasi sumber. Data yang diperoleh dianalisis dengan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukan bahwa bentuk kegiatan dalam program KPK ini terdiri atas kegiatan apel pagi, razia tanpa jadwal, absen pagi dan siang, kemitraan dengan Satpol PP serta penilaian kerapian siswa. Dimana melalui kegiatan ini menunjukan bahwa semua kegiatan guna untuk menanamkan kedisiplinan kepada siswa. Penerapan program KPK ini dapat menanamkan kedisiplinan pada siswa, sehingga kedisiplinan siswa dapat meningkat yang terlihat dari disiplin berpakaian sekolah, disiplin waktu, disiplin menegakan dan mentaati aturan yang ditunjukkan oleh siswa di SMKN 1 Koto XI Tarusan.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Sabela, Z., Hasrul, H., Ananda, A., & Indrawadi, J. (2024). Penanaman kedisiplinan siswa melalui program KPK. Journal of Education, Cultural and Politics , 4(3), 710-716. https://doi.org/10.24036/jecco.v4i3.377

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 8 > >>