Implementasi metode pembelajaran PPKn berdasarkan Kurikulum Merdeka

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Filla Dika
Maria Montessori
Azwar Ananda
Junaidi Indrawadi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Metode Pembelajaran PPKn Berdasarkan Kurikulum Merdeka Belajar dan faktor pendorong dan penghambat dalam pengimplementasian metode ini di SMAN 2 Padang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi deskriptif. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data diuji dengan tringulasi sumber. Data yang telah diperoleh tersebut kemudian dianalisis dengan teknik analisis data yang terdiri dari tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi metode pembelajaran PPKn berdasarkan kurikulum merdeka belajar SMA Negeri 2 Padang memakai metode ceramah karena dengan menerapkan pembelajaran sistem ceramah siswa lebih berfikir kritis, kreatif dan inovatif. Selain itu siswa juga bebas berpendapat selama proses pembelajaran berlangsung. Guru juga mengadakan kegiatan diskusi dalam proses pembelajaran pendukung lainnya serta melaksanakan kurikulum merdeka belajar yang bertujuan agar siswa bisa berpendapat dan bertanya serta melihat keaktifan siswa. Kendala yang dihadapi SMAN Negeri 2 Padang ini dalam implementasi program ini adalah program ini masih baru sehingga belum semua peserta didik yang mampu menerima penerapan ini. Sekolah masih dalam taraf penyempurnaan kepada peserta didik dengan melakukan pembiasaan, mengingatkan dan mendisiplinkan peserta didik terhadap kegiatan disekolah.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Dika, F., Montessori, M., Ananda, A., & Indrawadi, J. (2024). Implementasi metode pembelajaran PPKn berdasarkan Kurikulum Merdeka. Journal of Education, Cultural and Politics , 4(1), 153-160. https://doi.org/10.24036/jecco.v4i1.389

DB Error: Unknown column 'Array' in 'where clause'