Faktor-Faktor yang berkontribusi terhadap motivasi mengajar guru honorer

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Nadila Ramadhani
Azwar Ananda
Maria Montessori
Isnarmi Isnarmi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja faktor yang berkontribusi terhadap motivasi mengajar guru honorer di UPT SMPN 2 Painan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif yang dilaksanakan di UPT SMPN 2 Painan. Informan pada penelitian ini ditentukan dengan teknik purposive sampling yang terdiri dari kepala sekolah dan guru honorer. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber dan trianggulasi teknik. Teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang berkontribusi terhadap motivasi mengajar guru honorer di UPT SMPN 2 Painan terdiri dari dua faktor yaitu intrinsik yaitu rasa tanggung jawab terhadap siswa, kecintaan terhadap proses pembelajaran, kepuasan pribadi, keinginan untuk terus mengembangkan diri sebagai pendidik dan iklim/suasana dalam pekerjaan. Faktor ekstrinsik seperti apresiasi dan pengakuan, dukungan dari pihak sekolah atau kepala sekolah, insentif atau reward, lingkungan kerja, terdaftar di dapodik, pengangkatan Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja atau aparatur sipil Negara, lulusan pendidikan dan kurangnya keahlian yang dimiliki guru honorer diluar bidang pendidikan.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Ramadhani, N., Ananda, A., Montessori, M., & Isnarmi, I. (2024). Faktor-Faktor yang berkontribusi terhadap motivasi mengajar guru honorer. Journal of Education, Cultural and Politics , 4(1), 11-18. https://doi.org/10.24036/jecco.v4i1.416

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>