Pelaksanaan ekstrakurikuler pilar kebangsaan dalam mengembangkan civics skills siswa
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana dampak ekstrakurikuler pilar kebangsaan terhadap pengembangan civic skills pada siswa di SMAN 2 Padang. Peneliti menggunakan metode kualitatif deskriptif dan teknik purposive sampling untuk pengumpulan data. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi pada lapangan dan juga observasi yang dilakukan langsung di lapangan, wawancara mendalam yang dilakukan oleh narasumber-narasumber yang sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan, serta studi dokumentasi seperti penelitian terdahulu dan sumber literatur. Hasil penelitian ini menunujukan bahwa ekstrakurikuler pilar kebangsaan memiliki fokus utama dalam mengajarkan kepada siswa pesertanya tentang 4 pilar kebangsaan Indonesia yaitu Pancasila, Undang-undang, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika. Empat pilar kebangsaan ini yang menjadi cara utama pengembangan civic skills siswa yang mengikuti ekskul karena dalam yang diajarkan sudah lengkap memiliki pelajaran wawasan kebangsaan dan bagaimana praktiknya dalam lingkungan sehari-hari. Dampak ekskul pilar kebangsaan terhadap civic skills pesertanya dapat dilihat melalui kegiatan-kegiatan sekolah yang membutuhkan indikator-indikator civic skills sehingga menjadi tolak ukur dalam keberhasilan ekskul pilar kebangsaan dalam mengembangkan civic skills pesertanya